Bawaslu Belum Terima Surat Tembusan Kampanye Terbuka

Daerah  JUM'AT, 29 MARET 2019 , 21:05:00 WIB | LAPORAN: YOGI APRIZAL SUPRIANTO

Bawaslu Belum Terima Surat Tembusan Kampanye Terbuka

Asmara Wijaya/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sudah dibukanya rapat umum atau kampanye terbuka untuk peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) sejak 24 Maret - 13 April mendatang belum dimanfaatkan.

Pasalnya sampai saat ini, Bawaslu Benteng belum menerima surat tembusan terkait kampanye rapat terbuka.

"Sampai saat ini belum ada. Petugas kampanye wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada aparat kepolisian, ditembuskan kepada KPU dan Bawaslu di setiap tingkatan," kata Ketua Bawaslu Benteng, Asmara Wijaya, Jum'at (29/3).

"Waktu rapat umum ini sudah diatur atau ditetapkan jadwal kampayenya, penyampaian paling lama satu hari sebelum pelaksanaan kampaye," tambahnya.

Rapat umum tersebut dikatakannya, dapat dilaksanakan di lapangan, stadion, alun alun, serta ditempat terbuka lainnya yang telah ditetapkan oleh KPU.

"Dengan batasan disesuaikan dengan daya tampung tempat tersebut, Adapun waktunya dimulai dari jam 9 pagi sampai jam 18 ( 6 sore)," jelasnya.

Lebih lanjut, pada saat kampanye petugas maupun peserta dilarang membawa simbol gambar atau bendera yang bukan miliknya.

"Petugas dan peserta rapat umum dilarang membawa atau menggunakan simbol, gambar, dan atau bendera yang bukan milik perserta pemilu yg bersangkutan, serta larangan lainya seperti kompoi/pawai kendaraan dan melanggar peraturan lalulintas lainnya," paparnya.

Ia juga berharap, petugas maupun pelaksana kampanye dapat mematuhi semua peraturan kampanye.

"Untuk petugas atau pelaksana kampanye diharapkan dapat mematuhi semua peraturan kampanye, dan tidak melakukan perbuatan apa yang dilarangan, yang bisa mengakibatkan atau yang dapat mencendarai kelancaran waktu saat kompaye, Karena ketika dilanggar bisa mendapatkan Sanksi administrasi sampai sanksi pidana," harapnya. [tmc]


Komentar Pembaca