Memasuki Musim Panen, Partisipasi Petani Diharapkan Tidak Turun

Daerah  SELASA, 26 MARET 2019 , 19:49:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Memasuki Musim Panen, Partisipasi Petani Diharapkan Tidak Turun

Petani Saat Melakukan Panen Raya/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Musim panen raya padi di wilayah Lebong akan bergulir mulai bulan Maret hingga April 2019. Meski begitu, KPU Lebong menargetkan tingkat partisipasi petani pada Pemilu serentak tanggal 17 April mendatang tidak menurun.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Lebong, Effan Lavendes.

"Memang pengaruhnya ada, karena ada penambahan aktivitas masyarakat saat musim panen raya. Tapi, harapan kita melalui sosialisasi selama ini mereka dapat menggunakan hak pilihnya sebelum beraktivitas," ujar Effan, Senin (25/3) siang.

Dia mengaku, selama ini KPU gencar mensosialisasikan kepada masyarakat dalam mensuskan serta meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019.

Sosialisasi tidak hanya kepada masyarakat secara luas tapi juga kepada kelompok masyarakat marjinal. "Salah satunya adalah penyandang disabilitas juga kita sosialisasikan," lanjutnya.

Baca juga: Dua Pengendara Luka Robek Usai Adu Jotos

Terlebih lagi, kata Effan, pihaknya sudah  membentuk Relawan Demokrasi (Relasi) guna menyampaikan hal serupa kepada masyarakat.

"Sosialisasi selama ini sudah maksimal, baik itu melalui KPU sendiri termasuk Relawan Demokrasi (Relasi) yang dibentuk selama ini," terang Effan.

Baca juga: Segudang Pengalaman, Intip Profil Mirwan Effendi Caleg DPRD Lebong Dapil I

Lebih jauh, ia mengimbau agar masyarakat tidak melewatkan kesempatan pada ajang lima tahun tersebut. Menyusul, yang terpilih nanti merupakan wakil mereka di legislatif maupun presiden selama lima tahun kedepan.

"Khusus untuk DPRD Lebong tahun 2019 ini alokasinya ada 25 kursi. Masing - masing untuk Dapil I sebanyak 12 kursi, Dapil II sebanyak 7 kursi, dan Dapil III 6 kursi," demikian Effan. [tmc]



Komentar Pembaca
Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

SABTU, 15 JUNI 2019 , 17:00:00

Harta Jokowi Bertambah 13 Miliar Dalam 13 Hari

Harta Jokowi Bertambah 13 Miliar Dalam 13 Hari

JUM'AT, 14 JUNI 2019 , 21:00:00

Pesan Danyon Brimob H-1 Jaga MK

Pesan Danyon Brimob H-1 Jaga MK

KAMIS, 13 JUNI 2019 , 21:00:00

Warga Mancing Di Kubangan Jalan

Warga Mancing Di Kubangan Jalan

MINGGU, 23 JUNI 2019 , 20:16:00