Segudang Pengalaman, Intip Profil Mirwan Effendi Caleg DPRD Lebong Dapil I

Siap Mengembankan Amanah Rakyat

Daerah  MINGGU, 24 MARET 2019 , 20:14:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Segudang Pengalaman, Intip Profil Mirwan Effendi Caleg DPRD Lebong Dapil I

Mirwan Effendi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Siapa yang tak kenal dengan sosok Mirwan Effendi. Pria yang lahir di Siring Agung Mura, 15 September 1958. Dia adalah pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Lebong.

Selama 23 tahun sebagai ASN Bengkulu dan 14 tahun lebih membangun Lebong. Deretan pengalamannya tak perlu diragukan lagi. Karir Mirwan diawali dengan Kasubag Keuangan Mawil Hansip hingga beberapa jabatan strategis di Pemprov Bengkulu.

Namun, pengalaman di tingkat Provinsi itu harus berakhir, setelah dirinya memutuskan berlabuh ke Kabupaten Lebong lantaran Bumi Swarang Patang Stumang itu pisah dari Kabupaten Rejang Lebong.

Sementara, untuk awal karirnya di lingkungan Pemkab Lebong, ia dipercayakan mengemban tugas Kabid Litbang Bappeda Lebong. Tak hanya itu pria yang kaya akan pengalaman di birokrasi ini pernah juga diamanahkan beberapa jabatan eselon II.

Diantaranya, Kadis Koperasi, UKM, dan Perindag Lebong, Kepala Bappeda Lebong, Kadis PPKAD yang sekarang menjadi Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong, Inspektur Inspektorat Lebong, Asisten Pemerintah Setda Lebong, Asisten Administrasi Setda Lebong, Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, hingga Plh Bupati Lebong semasa Pilkada.

Pengalamannya di bidang organisasi pun tak bisa dianggap sepele, ia pernah menjadi Ketua LKMD Kelurahan Nusa Indah Bengkulu periode 1998-2004, Sekretaris KPN Kantor Gubernur Bengkulu tahun 1996-2004, dan Ketua PMI Lebong periode 2012 hingga sekarang.

Tak hanya itu, ia juga salah satu Kolega di Muhammadiyah Bengkulu. Seperti menjadi Ketua Muhammadiyah Lebong periode 2012-2016, Ketua Kopri Lebong periode 2014-2018, serta Wakil Ketua PW Muhammadiyah Bengkulu periode 2016 hingga sekarang.

Suami dari ibu Sumiati ini dianugerahi empat orang anak dimana tiga diantaranya mengikuti jejaknya sebagai ASN di lingkup Pemkab Lebong, Pemkab Seluma, dan Pemkab Bengkulu Selatan. Sedangkan, satu anaknya lagi belum bekerja karena masih menempuh pindidikan di Universitas Bengkulu.

Selama bertugas, Magister jurusan Administrasi asal Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto ini juga mengantongi sejumlah penghargaan. Masing - masing, Satyalacana Karya Satya tiga kali beruntun dari Presiden pada tahun 1998, 2007, dan 2015.

Lalu, penghargaan lain yang berhasil ia sabet, yaitu Indonesia Figure Achievment Award tahun 2012, The Promment Figure Of The Indonesian Development Award tahun 2016, Piagam Penghargaan Dan Tanda Terima Kasih Bupati Lebong tahun 2018 lalu.

Boleh dikatakan selama bekerja, dirinya selalu mendapatkan penghargaan atas kinerjanya yang baik. Namun demikian, ia masih membutuhkan komitmen dan pelayanan untuk membangun Lebong yang lebih sejahtera.

Kini ia memutuskan masuk ke dunia politik untuk Pileg DPRD Lebong dari Partai PDIP dengan Nomor Urut 9 Dapil I meliputi Kecamatan Lebong Atas, Pelabai, Lebong Utara, Amen, Uram Jaya dan Pinang Belapis.

"Mohon do'a warga Lebong. Khususnya warga Dapil I untuk mencoblos nomor urut 9. Saya siap mengemban amanah rakyat," demikian Mirwan. [tmc]



Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00