Bawaslu Perketat Pemilu Di Luar Negeri

Politik  KAMIS, 21 MARET 2019 , 06:43:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Bawaslu Perketat Pemilu Di Luar Negeri

Dino Patti Djalal/Net

RMOLBengkulu. Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal, meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memberikan perhatian khusus terhadap potensi kecurangan Pemilu yang terjadi di luar negeri, tidak terkecuali di Malaysia.

Dia mengatakan, pihaknya mendapatkan banyak keluhan dari para calon anggota legislatif (caleg) tentang maraknya kecurangan Pemilu di Malaysia.

"Jadi menurut saya penting sekali di Malaysia dilakukan pengawasan yang sangat ketat," katanya saat ditemui di Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (20/3).

Apalagi, berdasarkan laporan dari para caleg, ada banyak praktik politik uang di negeri Jiran. Bukan hanya itu, sistem pemilu yang memakai jasa pos untuk mengirimkan surat suara bagi mereka yang lokasinya sulit dijangkau pun dikhawatirkan membuka peluang terjadinya kecurangan.

Pemilu di luar negeri biasanya digelar di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI). Untuk itu, Dino berharap Bawaslu memberikan perhatian besar bagi sistem Pemilu yang digelar di luar negeri.

"Saya juga berharap di Malaysia bebas dari konflik interest. KBRI dan KJRI harus senetral mungkin dalam melaksanakan Pemilu nanti," tekannya.

Baca : Fraksi-fraksi di DPRD Bengkulu Utara Kompak

Perlu diketahui, Dino menyatakan itu setelah dirinya bersama kawan-kawan menemui langsung Ketua Bawaslu RI, Abhan untuk menyampaikan keluhan para caleg beberapa saat lalu.

"Beliau (Abhan) menyatakan ini memang menjadi perhatian oleh Bawaslu, dan disampaikan memang tidak bisa menjamin 100 persen. Jadi, lubang-lubang itu ada," pungkas Dino dilansir Kantor Berita Politik RMOL. [tmc]



Komentar Pembaca
Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

Erros Djarot - Tanpa Pamrih Kekuasaan

Erros Djarot - Tanpa Pamrih Kekuasaan

SELASA, 16 APRIL 2019 , 15:00:00

Salam Dua Jari Prabowo

Salam Dua Jari Prabowo

RABU, 17 APRIL 2019 , 10:27:00