Nikmati Liburanmu Di Sejumlah Wisata Kota Bengkulu Dan Sekitarnya

Ekbis  MINGGU, 17 MARET 2019 , 08:57:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Nikmati Liburanmu Di Sejumlah Wisata Kota Bengkulu Dan Sekitarnya

Pantai Panjan/Net

RMOLBengkulu. Ini informasi penting bagi para pelancong yang berkunjung ke Wilayah Kota Bengkulu. Sejumlah wisata di Kota Bengkulu dan sekitarnya saat ini mencapai belasan lokasi dan jenisnya.

Berbagai wisata pantai juga dikembangkan untuk menjadi sebuah tempat tujuan wisata yang diharapkan akan menjadi ikon baru di daerah itu. Berikut ini tempat wisata seru yang berhasil kami rangkum untuk anda kunjungi saat liburan ke wilayah Bumi Rafflesia, yakni :

1. Danau Dendam Tak Sudah

Danau ini berlokasi di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu. Tidak hanya memiliki nama yang unik, danau ini juga memiliki pemandangan indah yang memukau.

Di area sekitar danau, kamu akan banyak menemui tanaman langka seperti anggrek matahari dan juga primata khas Sumatera, siamang.

Danau ini menyimpan berbagai mitos dan cerita unik tentang asal usul namanya. Selain menikmati panorama alam, di sini kamu juga bisa menikmati wisata kuliner khas Bengkulu di antaranya perut punai, lempuk dan kue tat.

2. Menikmati Senja Di Pantai Panjang

Pantai Panjang memang memiliki garis pantai yang panjang yaitu sekitar 7 kilometer. Pantai ini merupakan ikon tempat wisata di Bengkulu. Pasir pantainya yang putih dan deretan pohon cemara di area bibir pantai menjadi keunggulan tersendiri. Fasilitas bagi para wisatawan juga sudah sangat lengkap. Pantai ini bisa ditempuh dalam waktu 9 menit dari pusat Kota Bengkulu.

3. Menilik Sejarah Benteng Marlborough

Wisata satu ini bisa kamu temukan dengan mudah karena bangunan kokoh ini terdapat di pusat Kota Bengkulu. Benteng Marlborough merupakan salah satu peninggalan para penjajah Inggris yang sempat mendiami wilayah Bengkulu.

Benteng ini dulunya merupakan benteng kedua terkuat di wilayah timur Asia Tenggara. Meski sempat dibakar dan dirusak oleh masyarakat setempat pada masa penjajahan, benteng ini masih kokoh berdiri.

Benteng ini jadi spot favorit foto anak muda Bengkulu karena kesannya yang vintage dan instagramworthy sekali.

4. Wisata Hutan Mangrove Pulau Baai

Provinsi Bengkulu yang lokasinya memanjang di barat Pulau Sumatera menjadikannya banyak memiliki area hutan mangrove, salah satunya adalah di Pulau Baai. Di sini kamu bisa menyewa perahu nelayan setempat untuk menjelajahi hutan mangrove yang hijau membentang.

Di area pantai pulau Baai, kamu juga bisa bermain-main dengan pasir putih yang cantik atau berfoto dengan sebuah mercusuar bernama lentera merah yang ada di pelabuhan Pulau Baai.

5. Surga Indah Di Pulau Tikus

Jika tidak ingin terlalu jauh untuk menjelajah Pulau Enggano, kamu bisa coba menjelajahi Pulau Tikus. Pulau seluas 1,5 hektar dan tak berpenghuni ini bisa kamu tempuh hanya dalam waktu kurang lebih 40 menit dari Pelabuhan Pulau Baai.

Pulau Tikus dikelilingi oleh terumbu karang yang luas. Pulau ini juga jadi tempat favorit untuk snorkeling karena airnya yang jernih dan keindahan alam bawah lautnya yang mempesona. Kamu bahkan bisa naik ke atas menara mercusuar dengan izin petugas setempat lho!

6. Rumah Fatmawati

Siapa yang tak kenal dengan ibu Fatmawati. Iya, istri dari Presiden RI pertama yang menjahit Bendera Merah Putih Republik Indonesia. Saat ini, rumah berwarna coklat dan berbentuk rumah panggung yang merupakan ciri rumah tradisional masyarakat Sumatera ini menjadi salah satu objek wisata bersejarah di Bengkulu.

Rumah ini dibangun pada tahun 1920, dan terletak di Jalan Fatmawati, Penurunan, Ratu Samban, Kota Bengkulu. Letaknya yang strategis bisa dicapai menggunakan motor, mobil atau pun angkutan umum. Lokasinya tidak jauh dari Rumah Pengasingan Presiden Sukarno di Bengkulu.

7. Berkunjung Ke Pantai Padang Betuah

Wisata Pantai Padang Betuah memang secara administrasi terletak di Kabupaten Bengkulu Tengah. Namun, jaraknya cukup dekat dengan Kota Bengkulu. Pantai Padang Betuah memang tidak memiliki pasir yang putih namun daya tariknya tidak kalah menarik dengan pantai lain yang ada di Bengkulu.

Pantai ini memiliki keunikan yaitu tebing merah yang membatasi kawasan perairan dan daratan. Selain itu, kamu juga bisa melihat danau alami yang berada beberapa ratus meter dari bibir pantai. Unik sekali kan? Pantai dan juga danau yang berada dalam satu lokasi.

8. Rumah Pengasingan Bung Karno

Belum lengkap rasanya bagi kamu jika belum berkunjung ke rumah pengasingan Bung Karno. Rumah yang pada mulanya merupakan milik pengusaha Tionghoa (Tan Eng Cian) yang bekerja untuk Belanda sebagai penyalur sembako bagi Pemerintah Belanda, lalu disewa oleh Belanda sebagai tempat Bung Karno selama diasingkan. Nah, Di tempat ini Bung Karno tinggal dari tahun 1938 sampai dengan 1942.

9. Pantai Sungai Suci

Panti Sungai Suci ini sendiri hanya berjarak kurang lebih 20 kilometer dari pusat kota Bengkulu, untuk dapat mengunjungi kawasan ini kita hanya akan menempuh waktu sekitar 45 menit perjalanan. Jika kita berkunjungi ke pantai ini maka kita kan disambut dengan sebuah pulau mini dari tebing padas. Pulau mini tersebutlah yang menjadi daya tarik utama dari kawasan wisata ini.

Apalagi dengan adanya 2 buah jembatan yang cukup menantang keberanian. Hal ini dikarenakan jembatan ini akan bergoyang cukup keras saat angin besar menghembusnya. Satu hal lagi yang cukup unik adalah di pantai ini tidak ada sungai yang bisa kalian temukan. Penamaan Sungai Suci tersebut merupakan hal yang sengaja dilakukan oleh penduduk sekitar.

10. Wahana Surya

Wahana Surya adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan SDM sekaligus pusat pelatihan Outdoor & Rekreasi yang pertama di Bengkulu yang memiliki luas areal sekitar 9 Ha. Lokasinya Sangat ekslusif & Eksekutif karena tempatnya privasi tetapi tetap dekat dengan fasilitas-fasilitas pendukung.

Adapun fasiltas yang akan kamu nikmati di lokasi, yaitu Traineer, Fasilitator dan Tim Teknis, Ice Breaking + 2 Mini games, High Roppe (10 Lintasan) , Waterboom, Paintball, Kuda Poni, Bebek/Perahu, dan Flying Fox. Lokasinya tidak jauh dari pusaran Kota Bengkulu meskipun secara administrasi terletak di Kabupaten Benteng.

11. Pantai Jakat

Pantai Jakat Bengkulu, terletak sekitar 1 kilometer dari pusat Kota Bengkulu. Berdekatan dengan Benteng Marlborough dan Pantai Tapak Paderi. Keindahan Pantai Jakat menjadi surga bagi para traveler dan backpacker. Pasalnya, keindahan pantai ini masih terjaga. Pantai Jakat juga relatif aman untuk menjadi tempat mandi dan berenang. Terlebih lagi disediakan fasilitas sewa pelampung, banana boat dan lain sebagainya.

12. Masjid Jamik Bengkulu

Masjid jamik adalah salah satu peninggalan dari presiden pertama Indonesia, yaitu Bung Karno ketika diasingkan di Bengkulu adalah Masjid Jamik Bengkulu. Selama diasingkan Presiden Sukarno membangun masjid ini bersama masyarakat sekitar.

13. Kampung Cina

Kampung Cina sudah ada sejak dulu bahkan menjadi saksi bisu masa penjajahan di Bengkulu. Nah, tempat ini nyatanya bukan hanya sebagai wisata sejarah saja, melainkan wajah baru Kampung Cina justru menjadikannya sebagai spot foto kekinian.

Nah, itulah 13 tempat wisata populer di kota Bengkulu. Jika berkunjung ke Bumi Rafflesia ini maka tempat wisata tersebut sangat sayang untuk dilewatkan. Selain itu, ada banyak spot foto kekinian di kota Bengkulu, diantaranya ada di View Tower, Taman Smart City dan lain sebagainya. [Eva De]

14. Pantai Kualo

Pantai Kualo mulai dikenal wisatawan setelah Pemerintah Provinsi Bengkulu membangun jalan poros di sepanjang Pantai Panjang pada 2009. Sebelumnya kawasan pantai ini merupakan pusat kapal-kapal nelayan tradisional di Kelurahan Pasar Bengkulu. Kurang dari 15 menit dari Pantai Panjang sampailah di Pantai Kualo.

15. Wisata Sejarah Museum Bengkulu

Museum Bengkulu mulai dibangun pada tahun 1978. Namun, museum ini baru difungsikan pada 3 Mei 1980. Pada awalnya, Museum Negeri Bengkulu bertempat di Benteng Marlborough. Tiga tahun kemudian, tepatnya 3 Januari 1983, museum ini menempati gedung baru di Jalan Pembangunan No.8.

Memiliki dua ruangan pameran, yakni ruang Pameran Tetap dan Pameran Temporer. Di kedua ruang pameran inilah, Anda dapat melihat 3.660 koleksi yang meliputi bidang biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika/heraldika, filologika dan keramologika.

16. Pasir Putih

Pantai pasir putih memeiliki beberapa kesamaan dengan Pantai Panjang, pantai ini terletak dekat pelabuhan Pulau Baii. Jarak sekitar 19 km dari pusat koa Bengkulu.

Kondisi jalan menuju kesana cukup baik, selain itu tempat ini juga dapat dicapai dengan kendaraan roda empat jenis apapun dan lebih terjangkau dengan kendaraan roda dua pastinya lebih cepat. Kondisi pantai sangat bersih dengan pasir pantainya yang putih dan pohon cemara yang tumbuh disekitarnya dan dilengkapi dengan wisata delman yang siap setia menemani liburan anda. Dikutip berbagai sumber. [tmc]





Komentar Pembaca
Refleksi 118 Tahun Bung Karno

Refleksi 118 Tahun Bung Karno

JUM'AT, 07 JUNI 2019

Ini Pesan Lebaran Di Kota New York
Umat Di Era Disrupsi

Umat Di Era Disrupsi

KAMIS, 06 JUNI 2019

Pembantaian Tiananmen Di China

Pembantaian Tiananmen Di China

SELASA, 04 JUNI 2019

Buruan, Ada Promo Diskon Dari TIKI Selama Lebaran
Karet Gelang

Karet Gelang

SENIN, 03 JUNI 2019

Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

SABTU, 15 JUNI 2019 , 17:00:00

Harta Jokowi Bertambah 13 Miliar Dalam 13 Hari

Harta Jokowi Bertambah 13 Miliar Dalam 13 Hari

JUM'AT, 14 JUNI 2019 , 21:00:00

Pesan Danyon Brimob H-1 Jaga MK

Pesan Danyon Brimob H-1 Jaga MK

KAMIS, 13 JUNI 2019 , 21:00:00