KPK Amankan Uang Pecahan Rupiah Saat OTT Romi

Hukum  JUM'AT, 15 MARET 2019 , 16:43:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

KPK Amankan Uang Pecahan Rupiah Saat OTT Romi

Jurubicara KPK, Febri Diansyah/Net

RMOLBengkulu. Tim penyidik KPK mengamankan sejumlah uang dalam pecahan rupiah saat melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Sidoarjo, Jawa Timur. Uang tersebut diduga untuk transaksi pengisian jabatan di Kementerian Agama pusat dan daerah.

Demikian disampaikan Jurubicara KPK, Febri Diansyah kepada wartawan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (15/3).

"Ada uang yang kami amankan juga karena transaksi ini dari identifikasi yang sudah kami lakukan. Diduga terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama baik di pusat ataupun di daerah," kata Febri.

Berapa jumlahnya belum disebutkan. Namun transaksi tersebut diduga bukan kali pertama.

Saat ini kelima orang yang diamankan tersebut sedang di perjalanan menuju gedung KPK, Jakarta setelah menjalani pemeriksaan pendahuluan di Mapolda Jatim, Surabaya.

"Kami perlu mendalami lebih lanjut informasi-informasi tersebut," kata Febri.

Namun demikian, Febri belum menyebutkan identitas dari kelima orang yang telah dianankan tersebut. Sebab, proses hukum masih terus berjalan selama 1 x 24 jam.

"KPK belum bisa menyebutkan siapa saja orang-orang yang diamankan. Karena prosesnya masih berjalan sesuai hukum acara yang berlaku ada waktu paling lama 24 jam, nanti akan ditentukan status hukum perkaranya," tutupnya.

Kelima orang itu adalah unsur penyelenggara negara dari anggota DPR RI, unsur swasta dan unsur pejabat di Kementerian Agama di daerah.

Diduga kuat, anggota DPR yang dimaksud adalah Ketua Umum PPP hasil Muktamar Pondok Gede, M. Romahurmuziy. dikutip Kantor Berita Politik RMOL. [ogi]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.170): Lingkaran Korup Jokowi-Maruf
Prabowo-Sandi Incar Golput

Prabowo-Sandi Incar Golput

KAMIS, 21 MARET 2019 , 19:00:00

#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

RABU, 20 MARET 2019 , 21:00:00