Melalui Germas Wujudkan Hidup Sehat Di Kabupaten Kepahiang

Advertorial  SELASA, 05 MARET 2019 , 16:51:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Melalui Germas Wujudkan Hidup Sehat Di Kabupaten Kepahiang

Rohidin dan Nila/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan pelayanan yang bermutu bagi seluruh masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu  bersama dengan pengelola program promkes dan pemberdayaan masyrakat dinas kesehatan Kabupaten Kepahiang menggelar pertemuan penyusunan rencana operasional dengan lintas sektor terkait dukungan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat  di Kabupaten Kepahiang pada, Selasa (5/3) bertempat di Hotel Umroh Kepahiang.

Dengan meningkatnya penyakit tidak menular dapat menurunkan produktivitas sumber daya masnusia,bahkan kualitas generasi bangsa. Hal ini berdampak pula pada besarnya pemerintah karena penanganan penyakit tidak menular tersebut membutuhkan biaya yang besar.

Maka dari itu, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alcohol, memeriksaa kesehatan secara rutin, membersihakan lingkungan dan menggunakan jamban.

Germas juga merupakan gerakan nasional yang di prakarsai oleh Presiden RI tahun 2017 tentang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigm sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni menjelaskan bahwa untuk mensukseskan germas ini tidak bisa dilakukan satu orang saja atau hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja tetapi peran kementerian dan lembaga di sektor lainnya juga ikut menentukan dan ditunjajng peran serta keseluruhan  lapisan masyarakat

Mulai dari individu, keluarga, dan masyrakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyrakatan dan organisasi profesi dalam menggerakan anggotanya untuk berprilaku hidup sehat serta pemerintah baik tingkat pusat maupun daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana  pendukung, memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya ,” kata Herwan Antoni, Selasa (5/3).

Ia juga mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini salah satunya adalah untuk menggalang sinergitas antar lintas sektor di forum germas dalam kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat serta meingkatkan produktivitas masyrakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasi promkes dan pemberdayaan masyarakat  Dinas Kesehatan Kepahiang , Pahlanasion bahwa germas ini nantinya dapat di implementasikan di kehidupan sehari-hari.

Germas mengajak masyarakat untuk membudayakakn hidup sehat agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaaan atau perilaku tidak sehat  dan pendekatan itu dapat dilakukan melalui keluarga,” tutup Pahlanasion. [ogi]


Melalui Germas Wujudkan Hidup Sehat Di Kabupaten Kepahiang

Melalui Germas Wujudkan Hidup Sehat Di Kabupaten Kepahiang


Komentar Pembaca
Seragam Pertamina Ahok

Seragam Pertamina Ahok

RABU, 20 NOVEMBER 2019 , 06:09:00