Peran Media Di Pemilu Penting

Ekbis  SELASA, 05 MARET 2019 , 09:07:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Peran Media Di Pemilu Penting

Charles/Net

RMOLBengkulu. Politisi Nasdem Charles Meikiansyah, menilai, media bisa menjadi komunikator yang baik untuk masyarakat dalam Pemilu Serentak 2019.

Media tidak hanya berperan penting dalam memberi pendidikan politik kepada masyarakat, tapi juga menjadi salah satu referensi utama warga dalam menentukan pilihan di pileg maupun pilpres.

Semua pihak, termasuk yang berkontestasi dalam pemilu, bisa menyampaikan apa yang menjadi hak dan kewajiban masyarakat sebagai warga negara, khususnya bidang politik,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (5/3).

Dia juga mengingatkan agar media yang menyebarkan informasi bohong alias hoox dikenakan sanksi sosial.

"Jadi ada penghargaan, tetapi ada juga hukuman buat mereka (yang melanggar UU pers dan perundangan lainnya-red) yang bentuk hukumannya tidak lagi seperti zaman dulu ya dibredel. Tetapi disampaikan juga kepada publik melalui kementerian yang dimiliki bahwa berita yang disebarkan media pelanggar, adalah hoax, misalnya,” sambung caleg Nasdem dari Dapil Jawa Timur IV itu.

Baca : RSUD Argamakmur Tambah Alat Cuci Darah

Senada dengan itu, Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat Hardly Stefano juga menegaskan bahwa media harus menjadi lembaga pendidikan politik yang konstruktif bagi masyarakat melalui pemberitaan dan penyiaran.

"Proporsional itu jangan hanya menyampaikan peserta pemilu, pilpres saja. Kita harus dorong juga peserta pemilu terkait dengan parpol beserta profil calegnya dan juga anggota DPD. Karena Pemilu ini kan yang berkontestasi juga ada parpol, caleg, dan DPD. Mereka harus mendapatkan porsi pemberitaan juga," tegasnya. dikutip Kantor Berita Politik RMOL. [tmc]




Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

Salam Dua Jari Prabowo

Salam Dua Jari Prabowo

RABU, 17 APRIL 2019 , 10:27:00