Developer di Rejang Lebong Belum Selesai Urus IMB

Daerah  RABU, 27 FEBRUARI 2019 , 19:03:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Developer di Rejang Lebong Belum Selesai Urus IMB
RMOLBengkulu. Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Rejang Lebong, Afnisardi mengungkapkan, pada tahun 2018 lalu dari sekitar 30 perumahan diwilayah itu separuh diantaranya belum selesai mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

"Tahun 2018 sebagian perumahan di Rejang Lebong belum selesai mengurus IMB, kita tahu karena tahun lalu penarikan retribusi masih berada di PTSP," kata Afnisardi kepada RMOLBengkulu, Rabu (27/2).

Masih banyaknya pihak Developer atau pengembang perumahan yang belum selesai mengurus IMB tersebut juga menjadi faktor yang mempengaruhi tidak tercapainya target penerimaan PAD dari sektor retribusi PAD, yakni hanya tercapai 63,12 persen atau sebesar Rp. 164,1 juta dari target Rp. 260 juta.

Menurut dia, sektor perumahan merupakan salah satu sumber terbesar dalam penerimaan retribusi IMB, selain dari sektor perhotelan dan pertokoan jika dibanding dengan IMB rumah warga.

"Saat ini sendiri kita tidak tahu berapa banyak Developer yang sudah menyelesaikan IMB, karena kan saat ini penghimpun retribusi IMB ada pada Dinas Pekerjaan Umum," ujarnya.

Dia menambahkan, target penerimaan retribusi IMB memang tidak dapat menjadi patokan, pasalnya penerimaan IMB sifatnya hanya menunggu jika ada yang mengurusnya, berbeda dengan penerimaan PAD lainnya yang targetnya bisa dikejar.

"Retribusi IMB ini kan sifatnya hanya menunggu, kadang masyarakat yang membangun rumah tidak mengurus IMB, mereka akan mengurusnya jika hanya saat membutuhkan untuk mengurus sesuatu," pungkasnya. [nat]




Komentar Pembaca
Seragam Pertamina Ahok

Seragam Pertamina Ahok

RABU, 20 NOVEMBER 2019 , 06:09:00