Pemilu 2019, Rejang Lebong Punya 11 Daerah Jauh

Daerah  SELASA, 26 FEBRUARI 2019 , 19:28:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Pemilu 2019, Rejang Lebong Punya 11 Daerah Jauh

Ujang Maman

RMOLBengkulu. Koordinator Divisi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong, Ujang Maman mengungkapkan, saat ini terdapat sebanyak 11 wilayah yang masuk dalam kategori daerah jauh pelaksanaan Pemilu 2019.

"Setidaknya ada sebanyak 11 daerah di Kabupaten Rejang Lebong yang masuk kategori daerah jauh, daerah ini nantinya akan menjadi titik fokus sosialisasi kita nantinya," kata Ujang kepada RMOLBengkulu, Selasa (26/2).

Dijelaskan dia, daera jauh yang diamkasud tersebut yakni daerah yang memiliki akses jauh dari ibu kota kecamatan, maupun daerah yang memiliki akses jalan jauh untuk ditempuh.

Daerah yang masuk kategori daerah jauh tersebut, disebutkan dia diantaranya, Desa Air Nau Kecamatan Sindang Beliti Ulu, kemudian Desa Kota Padang Baru dan Desa Tanjung Gelang Kecamatan Kota Padang, Desa Bukit Batu Kecamatan Padang Ulak Tanding dan sejumlah desa lainnya.

Menurut dia, kalangan masyarakat yang berada di wilayah yang masuk kategori daerah jauh tersebut berpotensi rendah untuk berpartisipasi dalam Pemilu nanti, karena kurangnya informasi yang didapatkan.

"Selain karena informasi, kebanyakan masyarakat didaerah itu sibuk dengan aktivitasnya di kebun, karena sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani," ujarnya.

Guna meningkatkan partisipasi masyarajat dalam Pemilu serentak nanti, mulai tinggal 5 hingga 18 Maret 2019 pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi pada 67 titik, sasarannya mulai dari pelajar sekolah, mahasiswa, hingga kalangan masyarakat di daerah jauh.

Sosialisasi sendiri juga akan dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Relawan Demokrasi, dengan sosialisasi tersebut pihaknya berharap partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 menjadi meningkat.[ nat]





Komentar Pembaca