Sukses Remajakan Kebun Sawit Dalam Dua Tahun Terakhir

Nusantara  SELASA, 26 FEBRUARI 2019 , 09:45:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Sukses Remajakan Kebun Sawit Dalam Dua Tahun Terakhir

Net

 RMOLBengkulu. Kabupaten Musi BanyuAsin (Muba) telah sukses melakukan pilot project peremajaan atau replanting perkebunan kelapa sawit dua tahun terakhir atau tepatnya sejak tahun 2017 lalu. Saat itu, replanting diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Hal itu diungkapkan Bupati Muba, Dodi Reza Alex saat bertindak sebagai narasumber lokakarya dengan tema Mensinergikan Rencana Aksi Kabupaten, Provinsi dan Nasional untuk Pembangunan Kelapa Sawit Berkelanjutan dan Pencapaian SDGs”.
Kegiatan itu digelar Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Foksbi) di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kemarin (25/2) .

Langkah replanting ini dilanjutkan dengan rencana realisasi percepatan pengembangan komoditas kelapa sawit yang diintegrasikan dengan Verified Source Area (VSA), dan inovasi terbarukan bekerjasama dengan ITB terkait pengelolaan inti kelapa sawit menjadi menjadi bahan bakar nabati (BBN) atau biofuel,” kata Dodi.

Tak hanya itu, pada kesempatan ini Dodi turut membagikan jurus mustajab sawit lestari. Salah satunya, upaya-upaya memakmurkan petani sawit yang dilakukan di Muba dan berhasil dapatkan pujian dari peserta.

"Sebagian besar masyarakat di Muba bergantung hidup pada perkebunan, khususnya perkebunan sawit. Maka memakmurkan petani sawit rakyat atau mandiri sudah menjadi prioritas dengan berbagai program terobosan yang akan diterapkan," tambah Dodi.

Sedianya, kata Dodi, ribuan hektare kebun sawit rakyat siap menjadi penyedia bahan baku untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Sebagai langkah awal, produksi turunan dari tandan buah segar itu akan dikirim ke kilang minyak milik PT. Pertamina di Plaju, Palembang.

"Kita supply ke Kilang Plaju untuk biofuel," tegasnya.

Pada tahun 2017, Muba berhasil meremajakan sawit rakyat seluas 7.500 hektare dan tahun 2019 bertambah 5.000 hektare. Sehingga total  mencapai 12.500 hektare. dikutip Kantor Berita Politik RMOL. [tmc]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 07:37:00