Tahun Ini Hanya Lebong Gelar UNBK 100 Persen

Pendidikan  MINGGU, 24 FEBRUARI 2019 , 19:57:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Tahun Ini Hanya Lebong Gelar UNBK 100 Persen

Net

RMOLBengkulu. Gebrakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lebong, patut diacungi jempol. Pasalnya, tahun ini hanya Kabupaten Lebong yang akan menggelar 100 persen Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang jenjang SMP/MTs, di wilayah Provinsi Bengkulu.

Hal itu dikemukakan Kadis Dikbud Kabupaten Lebong, M Taufik Andary melalui Kabid Pembinaan dan Pendidikan, Andri Darmawan.

"Kita siap UNBK tahun 2019 ini. Segala persiapan sudah dilakukan agar nanti pas hari pelaksanaan siap 100 persen," ujar Andri kepada RMOLBengkulu, Kemarin (23/2) siang.

Dia mengungkapkan, tahun lalu hanya beberapa sekolah yang menggelar UNBK. Diantaranya 4 dari total 24 SMP dan 5 sekolah MTs.  "Di Bengkulu hanya Lebong yang siap 100 persen gelar UNBK," sambungnya

Dia menyampaikan jumlah peserta yang akan mengikuti UNBK jenjang SMP/MTs sebanyak 1.754 siswa yang tersebar di 29 sekolah. Terdiri dari 822 siswa laki-laki dan 932 siswa perempuan.

"Kita berharap bersama semua 1.754 siswa yang akan mengikuti UNBK sukses semua," ungkap Andri.

Sementara itu, ia menyatakan untuk jadwal UNBK tingkat SD dan SMP tahun ini akan digelar serentak. Pelaksanaannya pada tanggal 22 sampai 25 April mendatang. Itu sebagaimana diatur dalam Prosedur Operasional Standar (POS).

"Tahun lalu Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SD/MI biasanya bulan Mei. Tapi, menurut petunjuk sepertinya UNBK dan USBN akan diserentakkan," demikian Andri. [tmc]





Komentar Pembaca