Sekolah Swasta Di Rejang Lebong Berkembang Pesat

Pendidikan  MINGGU, 24 FEBRUARI 2019 , 17:01:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Sekolah Swasta Di Rejang Lebong Berkembang Pesat

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Keberadaan sekolah swasta di Kabupaten Rejang Lebong saat ini dinilai dapat membantu Pemerintah Daerah karena mampu mem back up dibidang pendidikan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Rejang Lebong, T. Samuji, menurutnya sekolah swasta bisa memgatur dirinya sendiri berbeda dengan sekolah negeri.

"Keberadaan sekolah swasta dapat membantu Pemerintah secara umumnya, sekolah swasta ini lebih fleksibel bisa mengatur dirinya sendiri, karena sekolah swasta ini punya elektabilitas yang luar biasa," kata Samuji kepada RMOLBengkulu usai menghadiri wisuda 18 Tahfidz Al-Quran sekaligus Miladiyah SMK IT Khoiru Ummah ke-2, Minggu (24/2).

Terkait keberadaan sekolah swasta yang berbasis pendidikan Islam juga berkembang pesat, menurutnya sekolah Islam mampu bersaing dengan sekolah swasta umum lainnya, karena sekolah islam diwilayah itu saat ini bisa menselaraskan antara pendidikan akhlak dan pendidikan umum.

"Seperti SMK IT Khoiru Ummah ini yang menjadi Pilot Project bagaimana menggabungkan antara pembangunan akhlak dengan kemampuan kompetensi siswa, sehingga pendidikan dunia dan akhirat seimbang," imbuhnya.

Disisi lain Samuji menambahkan, selama ini Pemerintah Daerah Rejang Lebong tidak membedakan antara sekolah swasta dengan sekolah negeri, termasuk dalam hal perhatian atau dukungan berupa bantuan yang diberikan, dimana pihaknya telah memberikan bantuan baik sarana maupun prasana bagi sekolah  swasta tingkat SMP sederajat diwilayah itu.

Sementara itu, Kepala SMK IT Khoiru Ummah, Rajab Effendi mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih mengharapkan bantuan dari Pemerintah, mengingat selama ini pihaknya belum menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Bengkulu.

"Selama ini kami belum menerima bantuan, namun kami sudah mengajukan ke Pemerintah Pusat, selama ini kita hanya swadaya dan terbantu dari donatur, sehingga harus ekstra," bebernya.

Saat ini sendiri pihaknya masih menghadapi keterbatasan sarana dan prasarana pendukung, termasuk masih kekurangan gedung untuk proses mengajar, sarana yanga da saat ini menurut dia merupakan pinjaman dari yayasan Al-Amin yang menaungi sekolah tersebut.

Dia menegaskan, meskipun baru memasuki tahun ke dua sekolah yang saat ini memiliki 85 siswa tersebut mampu bersaing degan sekolah unggulan lainnya, dimana sejauh ini sudah banyak prestasi yang diraih, termasuk prestasi Nasional, baik secara akademik, olahraga maupun kesenian.

"SMK IT Khoiru Ummah saat ini ada tiga jurusan yakni jurusan desain komunikasi visual (DKV), manajemen perkantoran dan jurusan teknik sepeda motor, kami terus berupaya untuk menyediakan pendidikan yang berkualiatas," pungkasnya.

Berdasarkan pantauan, dalam kegiatan yang digelar di SMK IT Khoiru Ummah di Desa Tasik Malayu Kecamatan Curup Utara tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi Rejang Lebong, termasuk anggota DPRD Rejang Lebong, Hj. Misriati. [nat]




Komentar Pembaca