Diduga Tanpa SPJ, Desa SS Tetap Terima DD/ADD 2018

Daerah  RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 20:05:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Diduga Tanpa SPJ, Desa SS Tetap Terima DD/ADD 2018

Bobby Harpa Santana

RMOLBengkulu. Berdasarkan informasi, Desa Selamet Sidoarjo (SS) Kecamatan Bermani Ulu diduga tidak menyampaikan surat pertanggung jawaban (SPJ) penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017 lalu.

Dimana hal tersebut diketahui saat ini juga masuk daftar pemeriksaan penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Rejang Lebong bersamaan dengan pemeriksaan dugaan kegiatan fiktif DD/ ADD di desa itu.

"Yang kami ketahui pihak desa membuat pernyataan jika SPJ tahun 2017 akan segera dipenuhisurat itu pertanggal 31 Desember 2017, namun hal itu tidak dipenuhi," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Gunawan Firmansyah melalui Plt. Kabid Kelembagaan Masyarakat Sosial Budaya dan Pemerintahan Desa, Bobby Harpa Santana kepada RMOLBengkulu, Rabu (20/2).

Meskipun SPJ penggunaan DD dan AD tidak dibuat oleh Desa SS, namun desa itu tetap menerima DD dan AD tahun 2018 dan kegiatan yang dilakukan tetap seperti biasa.

Terkait penyaluran DD dan ADD, dijelaskan Bobby, sesuai dengan Perbup dan Juknis, yang berwenang untuk menunda penyaluran atau pemberian sanksi adalah Bupati berdasarkan  rekomendasi hasil pemeriksaan APIP Ispektorat.

"Pada saat itu kita tidak menerima surat rekomendasi itu, karena tidak ada rekomendasi dari Bupati atau Inspektorat kami tetap menyalurkannya, karena yang bisa memberhentikan adalah keputusan surat Bupati melalui APIP," tegasnya.

Disisi lain Bobby menerangkan, realisasi pengelolaan DD dan ADD tiap desa diketahui pihaknya berdasarkan laporan realisasi APBDes tiap desa.

"Laporan realisasi APBDes dengan SPJ itu berbeda, kalau laporan APBDes itu bentuknya gelondongan pertahun, sedangkan SPJ itu terperinci mulai dari belanja, hingga realisasi," imbuhnya.

Berdasarkan laporan APBDes tahun 2018 Desa SS sendiri dibeberkan Bobby, realisasinya paling rendah dibanding desa lainnya, baik penyerapan DD maupun ADD. [nat]




Komentar Pembaca
Kampanye Terbuka, Kedua Paslon Langgar Peraturan
BENANG MERAH (EPS.170): Lingkaran Korup Jokowi-Maruf
Prabowo-Sandi Incar Golput

Prabowo-Sandi Incar Golput

KAMIS, 21 MARET 2019 , 19:00:00