Keluarga Pasien Sesar Minta Rumah Sakit Dievaluasi

Daerah  RABU, 20 FEBRUARI 2019 , 19:09:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

RMOLBengkulu. Pihak keluarga pasien sesar sepertinya mulai geram. Sebab, hingga saat ini ponakannya yang baru menjalani operasi sesar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong belum lama ini masih terbaring kesakitan dan diduga terinfeksi luka.

Seperti yang diungkapkan perwakilan keluarga, Anton warga asal Kecamatan Lebong Sakti, bahwa pasien atas nama WN warga asal Kecamatan Lebong Sakti, masih terbaring dikediamannya pasca operasi sesar.

"Kami fight untuk lawan rumah sakit karena kami yakin ada kesalahan dalam menangani ponakan kami," ujar Anton kepada RMOLBengkulu, Rabu (20/2).

Menurutnya, operasi memang berjalan dengan lancar sehingga anak yang lahir pun dalam keadaan sehat. Akan tetapi, penanganan pasca operasi yang harus dievaluasi.

"Kalau operasinya tidak ada masalah. Tapi, pemulihannya yang gagal. Saya rasa tidak cukup kalau sebatas investigasi internal. Semua pihak harus ikut turun menyelidiki ini," bebernya.

Dia menegaskan, alasan kenapa rumah sakit harus dievaluasi mengingat kondisi ini tak hanya dialami pihak keluarganya. Melainkan, hal serupa turut juga dialami sejumlah pasien sesar lainnya.

"Semua harus turun mencari apa penyebab seluruh pasien bisa seperti ini. Silahkan paparkan dengan kami. Apalagi kalau mereka mau menyadari rumah sakit ini kelasnya kelas kota," tutupnya.

Terpisah, Plt Dirut RSUD Lebong, dr Ari Afriawan, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat belum merespon. Namun, sebelumnya ia mengaku, pihaknya sudah melakukan investigasi internal.

Dia memastikan, SOP yang dimaksud mulai dari sterilisasi ruangan dan peralatan yang digunakan selama operasi tidak ditemukan masalah.

Belum diketahui apa penyebab banyaknya pasien mengeluh kesakitan pasca operasi tersebut. Termasuk, apakah pelayanan operasi sesar di rumah sakit diberhentikan atau masih berlanjut. [ogi]

Komentar Pembaca
Kampanye Terbuka, Kedua Paslon Langgar Peraturan
BENANG MERAH (EPS.170): Lingkaran Korup Jokowi-Maruf
Prabowo-Sandi Incar Golput

Prabowo-Sandi Incar Golput

KAMIS, 21 MARET 2019 , 19:00:00