Matangkan Penyaluran Rastra, Per Keluarga Terima 10 Kilogram

Daerah  MINGGU, 17 FEBRUARI 2019 , 19:44:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Matangkan Penyaluran Rastra, Per Keluarga Terima 10 Kilogram

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong kembali menggelar rapat koordinasi (rakor) penyaluran bantuan sosial (bansos) beras sejahtera (rastra) di gedung Swarang Patang Stumang Bappeda Lebong, Sabtu (16/2)  kemarin.

Tercatat, sebanyak 7.468 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Lebong, akan menerima bansos rastra sebanyak 74.680 Kg per bulan. Setiap KPM akan menerima bantuan sebanyak 10 kg beras secara gratis tiap bulan.

Dalam sambutannya, Bupati Lebong, Rosjonsyah, menyampaikan, tujuan dari bansos rastra ini adalah mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemberian  bansos berupa beras berkualitas medium kepada KPM dengan jumlah atah kuantum 10 Kg setiap bulannya, tanpa dikenakan harga atau biaya tebus.

"Dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan akses masyarakat terhadap pangan, pemerintah menggunakan berbagai program dan stimulus. Salah satunya adalah program bansos rastra," ujar Rosjonsyah sebagaima dikutip dalam teks pidatonya.

Dia menambahkan, penyaluran juga perlu melibatkan kepolisian. Itupun sebagaimana tindaklanjut dari nota kesepahaman antara Penjabat Sekda  Kabupaten Lebong dengan Polres Lebong nomor 460/215/DPMDSOS/2019/Nomor01/II/2019 tentang Bantuan Pengamanan dan Penegakan Hukum Pada Pelaksanaan Penyaluran Bansos.

Sehingga, perlu menjadi perhatian bersama bahwa penyaluran bansos akan dibantu langsung oleh pihak kepolisian.

"Sedangkan, untuk dana pendampingan dan penyaluran berupa biaya transportasi dari titik distribusi ke titik bagi dan sampai KMP untuk dapat dialokasikan dari anggaran desa," demikian Bupati.

Pantauan RMOLBengkulu, kegiatan tersebut dihadiri Kabag Ops Polres Lebong, AKP Yosril Hardiansyah, Penjabat Sekda Lebong, Dalmuji Suranto, serta tamu undangan lainnya. [ogi]

Komentar Pembaca