Camat Diminta Paham Pemetaan dan Persoalan Wilayah

Daerah  KAMIS, 14 FEBRUARI 2019 , 20:00:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Camat Diminta Paham Pemetaan dan Persoalan Wilayah

Gusnan Mulyadi

RMOLBengkulu. Pelaksana tugas Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi meminta kepada seluruh camat menguasai persoalan yang ada di wilayahnya masing-masing.

"Saya minta kepada seluruh camat agar paham dengan pemetaan wilayah, turun ke desa-desa, jangan tunggu laporan atau kecolongan informasi penting di tengah masyarakat," ujar Gusnan dalam acara Musrengbang Kecamatan Ulu Manna, belum lama ini.

Langkah itu menurut Gusnan, adalah salah satu upaya untuk mengetahui kondisi mendasar yang ada di setiap desa. Persoalan yang kerap terjadi ialah banyak camat yang terkesan pasif atau menunggu laporan dari bawah sehingga banyak persoalan sosial masyarakat yang terkesampingkan.

"Contohnya saya pernah menemukan ada dalam satu desa terdapat 5 (lima) orang warga yang tergolek sakit, tidak ada upaya pengobatan dan mirisnya tidak pula memiliki kartu jaminan kesehatan dikarenakan tergolong warga kurang mampu," katanya.

Selain itu, menurut Gusnan, era sekarang ini bukan lagi jamannya pemimpin yang harus terpaku di kantor menunggu laporan pemerintah desa. Camat diminta untuk sering mengunjungi warga desa atau pemerintah desa termasuk persoalan pengelolaan Dana Desa yang kerap bermasalah.

"Sudahlah, bukan jamannya lagi pemimpin itu petantang petenteng tunjuk sana tunjuk sini memerintah seenaknya saja. Turun, temui dan cari tahu kondisi wilayah. Saya juga sering kok turun langsung, tidak usah segan," pungkas Gusnan. [nat]




Komentar Pembaca
Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

SABTU, 15 JUNI 2019 , 17:00:00

Harta Jokowi Bertambah 13 Miliar Dalam 13 Hari

Harta Jokowi Bertambah 13 Miliar Dalam 13 Hari

JUM'AT, 14 JUNI 2019 , 21:00:00

Pesan Danyon Brimob H-1 Jaga MK

Pesan Danyon Brimob H-1 Jaga MK

KAMIS, 13 JUNI 2019 , 21:00:00

Warga Mancing Di Kubangan Jalan

Warga Mancing Di Kubangan Jalan

MINGGU, 23 JUNI 2019 , 20:16:00