Dukcapil Targetkan Semakin 'Go Digital' Tahun Ini

Daerah  RABU, 13 FEBRUARI 2019 , 19:03:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Dukcapil Targetkan Semakin 'Go Digital' Tahun Ini

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong, tahun 2019 ini menargetkan sudah terapkan Dukcapil Go Digital alias tanda tangan digital dalam seluruh dokumen administrasi.

Kadis Dukcapil Lebong, Elva Mardiana, mengungkapkan, sebagai dasar pihaknya terlebih dahulu mengikuti bimbingan teknis (bimtek) secara berkala di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Perlahan sudah kita sosialisasikan kepada kades - kades saat musrenbang Kecamatan," kata Elva kepada RMOLBengkulu, Rabu (13/2) siang.

Disisi lain, pelayanan yang dimaksud yaitu setiap orang yang membutuhkan tanda tangan kepala dinas, seperti akta kelahiran dan kartu keluarga, tidak lagi tergantung pada kehadiran kepala dinas di kantor.

"Kedepan ini akan terapkan Dukcapil Go Digital (tanda tangan digital,red). Mudah - mudahan tahun ini segera terealisasi," harapnya.

Sebelumnya, kata Elva, pihaknya juga sudah launching aplikasi pelayanan publik berbasis online. Seperti mengurus akta kematian, perkawinan, perceraian, hingga pindah penduduk pada aplikasi playstore.

Dengan harapan, pelayanan dokumen kependudukan akan lebih mudah. "Sedangkan, untuk akta kelahiran dan tanda tangan digital masih menunggu petunjuk pusat," demikian Elva. [ogi]

 

Komentar Pembaca