Kasus DBD di Rejang Lebong Melonjak Tajam

Daerah  SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 17:44:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Kasus DBD di Rejang Lebong Melonjak Tajam

Eni Seriwahyuni

RMOLBengkulu. Selama tahun 2018 lalu, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Rejang Lebong meningkat drastis dibanding tahun sebelumnya.

Berdasarkan data di Dinas Kesehatan Rejang Lebong, kasus DBD yang terjadi selama tahun 2017 sebanyak 64 kasus kemudian pada tahun 2018 melonjak tajam menjadi 225 kasus.

Pelaksana tugas (Plt) Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Eni Seriwahyuni mengatakan, pada tahun 2019 kasus DBD diprediksi terus meningkat jika kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan masih rendah.

"Tahun 2018 kasus yang terjadi meningkat tiga kali lipat, karena kesadaran masyarakat kita sendiri masih rendah sehingga kasusnya terus berulang," kata Eni kepada RMOLBengkulu.

Disebutkan dia, pada tahun 2019 sendiri kasus DBD yang terjadi sudah sebanyak 21 kasus, sebagian besar kasus itu ditemukan di tiga kecamatan, meliputi Kecamatan Curup, Curup Selatan dan Kecamatan Curup Utara.

Guna menekan angka DBD diwilayah itu pihaknya terus rutin mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan menerapkan 3M Plus dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

"Surat edaran Bupati dan edaran Dinas Kesehatan sudah kita sampaikan ke masyarakat, setiap jumat kami terus mendorong masyarakat untuk peduli terhadap pemberantasan DBD," bebernya.

Pihaknya menilai pencegahan perekmbang biakan DBD dengan menerapkam 3M Plus atau menguras, menutup dan mengubur tempat sarang nyamuk dinilai lebih efektif dibanding dengan penangan dengan pengasapan atau fooging, terlebih upaya pengasapan terus menerus justru bisa membahayakan kesehatan waga mengingat bahan yang digunakan mengandung racun.

"Kami berharap wabah DBD ini menjadi perhatian semua pihak tidak hanya mengandalkan petugas kesehatan, tetapkanlah hidup sehat dan jagalah kebersihan lingkungan kita masing-masing," himbaunya. [nat]




Komentar Pembaca
Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

SABTU, 16 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

BENANG MERAH (EPS.167): Tak Seirama Di Kubu Petahana
Kredibilitas Jadi Rahasia Karangkraf Bisa Bertahan

Kredibilitas Jadi Rahasia Karangkraf Bisa Bertahan

JUM'AT, 15 FEBRUARI 2019 , 12:00:00