Kegiatan Fisik Masih Dominasi Usulan Musrembang RL

Daerah  SENIN, 11 FEBRUARI 2019 , 16:01:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Kegiatan Fisik Masih Dominasi Usulan Musrembang RL

Foto ist

RMOLBengkulu. Hingga saat ini sudah sebanyak 4 dari 15 Kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong yang telah melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) tahun 2019, ditargetkan pembahasan Musrembang selesai pada pertengaha Februari ini.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rejang Lebong, Asli Samin mengatakan, pembahasan Muwrembang tingkat kecamatan itu dilakukab pasca selesainya Musrembang tingkat desa pada Januari lalu.

"Musrembang tingkat desa selesai dilaksanakan, kemudian masuk Februari dilakukan Musrembang tingkat kecamatan, diberi waktu dua minggu paling lambat tanggal 21 selesai baru pembahasan Musrembang Kabupaten rencananya 19 Maret nanti," kata Asli dikonfirmasi RMOLBengkulu, Senin (11/2).

Adapun empat kecamatan yang sudah melaksanakan Musrembang tersebut meliputi, Kecamatan Curup, Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), Kecamatan Binduriang dan Kecamatan Kota Padang,  serta besok yakni Selasa (12/3) Kecamatan Curup Timur yang dijawalkan akan menggelar Musrembang.

Berdasarkan hasil Musrembang empat kecamatan tersebut diakui Asli, rencana program pembangunan yang diusulkan masih didominasi pembangunan infrastruktur.

"Kalau dari hasil Musrembang empat kacamatan, paling dominan program yang diusulkan masyarakat adalah kegiatan fisik, seperti pembangunan jalan, drainase, irigasi dan sebagainya," bebernya.

Terkait dengan usulan yang diajukan masyarakat sendiri, diakui Asli tidak seluruhnya dapat diakomodir atau dipenuhi, karena menurutnya usulan yang bisa direalisakan jika masuk dalam skala prioritas, serta ketersediaan anggaran.

Dalam kesempatan itu dirinya juga menghimbau kepada masyarakat terutama kepada pihak desa dan kelurahan agar mengusulkan program berdasarkan kebutuhan bukan kemauan, sehingga program yang diusulkan benar-benar bermanfaat.

"Selain itu pihak desa atau kelurahan harus memanfaatkan anggaran yang ada didesa atau kelurahan itu, seperti contohnya dana desa, karena proses pelaksanaannya cepat, serta kegiatan yang dijalankan benar-benar pemikiran masyarakat," harapnya. [nat]




Komentar Pembaca
Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

SABTU, 16 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

BENANG MERAH (EPS.167): Tak Seirama Di Kubu Petahana
Kredibilitas Jadi Rahasia Karangkraf Bisa Bertahan

Kredibilitas Jadi Rahasia Karangkraf Bisa Bertahan

JUM'AT, 15 FEBRUARI 2019 , 12:00:00