Didiagnosa Gizi Buruk, Nova Derita Lumpuh Layu

Daerah  SENIN, 11 FEBRUARI 2019 , 15:20:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Didiagnosa Gizi Buruk, Nova Derita Lumpuh Layu

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sejak tahun 2017 lalu Nova Nurlaili (9) anak dari pasangan Yusdianto (38) dan Fitriyani (35) warga Desa Suka Marga Kecamatan Curup Selatan harus berhenti sekolah karena penyakit yang dideritanya, yakni penyakit lumpuh layu, bahkan adiknya yakni Emelia Erlina (4) juga menderita penyakit yang sama.

Diceritakan Fitriyani, pada tahun 2017 lalu awalnya sang anak mengeluhkan sakit pada seluruh bagian tubuhnya, sehingga sang anak tidak bisa beraktivitas layaknya anak seusianya, hingga kondisinya semakin parah dan menjadi lumpuh.

"Dulu sempat dirawat di RSUD Curup, kemudian dirujuk ke rumah sakit M. Yunus Bengkulu, karena keterbatasan biaya terpaksa kami rawat dirumah," kata Fitriyani ditemui dikediamannya, Senin (11/2).

Pada malam hari, sang anak kerap menangis lantaran perut bagian kirinya terasa sakit dan keras.

Menurut petugas kesehatan Puskesmas Talang Rimbo yang mengawasi kondisi Nova, Dr. Sinta Puspitasari mengungkapkan, pada pemeriksaan awal tahun 2017 lalu, Nova didiagnosa mengalami gizi buruk hanya saja untuk penyait penyertanya belum diketahui lantaran keterbatasan peralatan di Puskesmas.

"Kita sudah melakukan pemantauan sejak 2017, dan secara rutin dipriksa termasuk diberi asupan gizi, sebelumnya pernah dirujuk ke Bengkulu namun piha keluarga menolak," bebernya.

Kondisi kedua bocah tersebut menjadi perhatian Pemkab Rejang Lebong, pasca mendapatkan informasi, Wakil Bupati Rejang Lebong, Iqbal Bastari turun langsung meninjau kondisi Nova beserta petugas kesehatan, yang kemudian kedua bocah itu dirujuk ke RSUD Curup.

"Tindakan ini sebenyarnya bukan sebuah keterlambatan, karena sebelumnya Nova ini pernah diraeat di rumah sakit, kami sudah koordinasikan dengan pihak puskesmas, Dinas Kesehatan untuk membawa Nova ke rumah sakit," kata Wabup saat mendatangi rumah Nova.

Dilanjutkan Wabup, petugas kesehatan nantinya akan mendiagnosa penyakit Nova yang sebenarnya, jika nantinya hasilnya diketahui dan pasien diharuskan dirujuk ke luar daerah maka Pemkab Rejang Lebong berupaya untuk menfasilitasinya.

Disisi lain dirinya juga mengapresiasi jajaran Polres Rejang Lebong beserta Polsek Curup yang turut peduli terhadap kondisi Nova, dimana saat bersamaan pihak Polres dan Polsek turut memberikan bantuan bagi keluarga Nova.

"Kami juga mintak tolong, jika ada keluarga kita yang mengalami sesuatu yang tidak diinginkan segera laporkan kekami agar bisa segera ditindaklanjuti," pesannya.

Disisi lain, Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika melalui Kasat Binmas, Iptu Lilik Sucipto didampingi Kapolsek Curup, Iptu Untoro menyebutkan, bantuan yang diberikan jajarannya tersebut merupakan bentuk kepedulian Polri di tengah masyarakat yang terkena musibah. [nat]




Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 07:37:00