Musim Hujan, Dinkes Ingatkan Warga Terapkan Konsep 3M

Daerah  SENIN, 11 FEBRUARI 2019 , 06:55:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Musim Hujan, Dinkes Ingatkan Warga Terapkan Konsep 3M

Rachman/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Memasuki musim hujan di wilayah Kabupaten Lebong, Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong mengingatkan agar warga menjaga sanitasi lingkungan tempat tinggal, guna mengantisipasi kemungkinan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Menurutnya, curah hujan dalam sepekan terakhir mulai menunjukan intensitasnya yang cukup konsisten. Dalam kondisi itu akan ada banyak genangan air yang tersisa dari setiap guyuran yang terjadi.

"Musim hujan, biasanya penyakit yang mengintai yaitu demam berdarah dengue (DBD). Itu yang biasanya hadir," jelas Kadis Kesehatan Lebong, Rachman kepada RMOLBengkulu, kemarin (10/2) siang.

Kata Rachman, cara sederhana pencegahannya seperti yang di sampaikan oleh pemerintah yaitu 3M alias Menguras, Menutup, dan Mengubur.

Misalnya, kuraslah tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi, akuarium, dan vas bunga satu hingga dua kali seminggu. Kemudian, menutup segala tempat yang bisa menampung air, baik di dalam maupun di luar rumah.

Selanjutnya, kuburlah semua objek yang bisa menampung air, seperti kaleng bekas atau wadah plastik. "Jadi gerakan bersama itu dilakukan di tempat tinggal saat musim hujan ini," tambah Rachman.

Selama ini, kata Rachman, berbagai upaya yang dilakukan Dinkes untuk antisipasi perkembangan penyakit DBD yaitu melakukan foging di sejumlah titik. Akan tetapi, tindakan itu tidak terlalu berpengaruh apabila gerakan 3M tidak dilaksanakan.

"Soalnya, Foging itu hanya bersifat sementara, bahkan bila terlalu sering membahayakan kesehatan. Mudah - mudahan jika dilakukan 3M selama seminggu sekali sudah pasti bisa memutus siklus hidup nyamuk itu," demikian Rachman. [ogi]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 07:37:00