Penghimpun Pajak Galian C Rejang Lebong Dialihkan

Daerah  MINGGU, 10 FEBRUARI 2019 , 18:53:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Penghimpun Pajak Galian C Rejang Lebong Dialihkan

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Rejang Lebong yang bersumber dari penerimaan pajak Galian C saat ini diambil alih oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) yang sebelumnya dihimpun oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD).

"Tahun ini secara keseluruhan pemungutan PAD yang bersumber dari pajak Galian C diserehakn ke DPMPTS, yang sebelumnya pajak tersebut kita yang menghimpun," kata Kabid Pendapatan dan Penagihan, BPKD Rejang Lebong, Hari Mulyawan belum lama ini.

Diserahkannya penghimpunan pajak Galian C tersebut diharapkan pihak DPM PTSP lebih memahami mana saja Galian C yang berpotensi menambah PAD, mengingat kepengurusan izin Galian C selama ini berada di dinas tersebut.

Terkait capaian target pajak Galian C pada tahun 2018 lalu, diakui Hari tidak mencapai target yakni hanya mampu tercapai 80 persen atau sebesar Rp. 1,4 miliar dari target Rp. 1.735.000.000.

"Tahun 2018 kemarin targetnya tidak tercapai, karena beberapa faktor, seperti ada yang belum berproduksi, kemudian ada perusahaan yang sudah mengurus izin tetapi ketika proses produksi materialnya tidak ada dan sebagainya," beber Hari.

Berdasarkan data sebelumnya, ditambahkan Hari jumlah objek pajak Galian C  yang memiliki izin dan menjadi sumber PAD ada sebanyak 29 perusahaan dan yang tidak beroperasi sebanyak 10 perusahaan.

Disisi lain Kepala DPM PTSP Rejang Lebong, Afnisardi mengatakan, dengan dialihkannya penghimpunan pajak Galian C tersebut, pihaknya terlebih dahulu akan menginventalisir sumber-sumber pajak yang bisa menambah PAD.

"Terlebih dahulu akan kita inventalisir termasuk sumber-sumber baru untuk kepngeurusan izinnya, sehingga perolehan pajak yang kita targetkan bisa maksimal," singkatnya. [nat]




Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 07:37:00