2019 Pemilu Pertama Kali Dengan Lima Surat Suara

Politik  JUM'AT, 08 FEBRUARI 2019 , 16:12:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

2019 Pemilu Pertama Kali Dengan Lima Surat Suara

Ketua Badan Pengawas Pemilu, Abhan/RMOL

RMOLBengkulu. Perbedaan mencolok pemilihan umum (Pemilu) 2019 dengan pemilu-pemilu sebelumnya adalah pemilu tahun ini dilaksanakan serentak.

Pemilu serentak membutuhkan waktu lebih bagi masyarakat dalam menggunakan hak pilih. Mulai dari pemilihan capres-cawapres, DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

"Pemilu 2019 adalah pemilu pertama kali yang dikenal dengan pemilu lima surat suara," ujar Ketua Badan Pengawas Pemilu, Abhan dalam seminar bertema "Pers dan Pemilu Yang Demokratis" di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (7/2).

Seminar tersebut mejadi bagian Konvensi Nasional Media Massa dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur 2019 dengan mengangkat tema "Media Massa di Tengah Terpaan: Winner Take All Market".

Selain pekerjaan tambahan bagi pemilih, kata Abhan, Bawaslu juga perlu bekerja ekstra hati-hati pada pemilu serentak utamanya pilpres.

"Untuk pilpres nanti, ada petahana yang maju kembali dan bagaimanapun tetap melekat atribut pemerintahan di mana dia masih menjadi pembuat kebijakan," jelasnya.

Dalam kondisi-kondisi itulah, lanjutnya, peran pers menjadi sangat penting untuk menyajikan berita seobjektif mungkin dalam proses pemilu.

"Pers punya peran besar agar supaya bisa memberitakan seobjektif mungkin untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat," tutup Abhan. dikutip Kantor Berita Politik RMOL. [ogi]

Komentar Pembaca
Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

SABTU, 16 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

BENANG MERAH (EPS.167): Tak Seirama Di Kubu Petahana
Kredibilitas Jadi Rahasia Karangkraf Bisa Bertahan

Kredibilitas Jadi Rahasia Karangkraf Bisa Bertahan

JUM'AT, 15 FEBRUARI 2019 , 12:00:00