PLN Curup Rugi Ratusan Juta

Daerah  RABU, 30 JANUARI 2019 , 17:06:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

PLN Curup Rugi Ratusan Juta

Khaidir Nasir

RMOLBengkulu. Selama tahun 2018 lalu, PT. PLN Curup mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah akibat adanya pencurian aliran listrik yang dilakukan oleh oknum pelanggannya.

Manajer PT PLN Rayon Curup, Khaidir Nasir mengungkapkan, selama tahun 2018 lalu petugas Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) menemukan sebanyak 111 pelanggaran penggunaan listrik.

"Selama tahun 2018 lalu petugas kita menemukan sebanyak 111 pelanggan yang curang denga mencuri listrik, mulai dari menyadap listrik, memperbesar daya sendiri hingga menjumper listrik," kata Khaidir kepada RMOLBengkulu, Rabu (30/1).

Dari sebanyak 111 pelanggan tersebut jumlah listrik yang digunakan mencapai 224.794 Kwh, jika biaya per Kwh sebesar Rp. 1.500 maka kerugian akibat pencurian itu mencapai Rp 337.191.000.

Dijelaskan Khaidir, tindakan pencurian listrik itu merupakan tindakan kriminal yang bisa dibawa keranah hukum, hanya saja dalam menangani kasus tersebut pihaknya melakukan penyelesaian secara persuasif dengan meminta pelanggannya membayar denda.

"Bisa saja kita lapor ke Polisi, tetapi kita tidak ingin menyusahkan pelanggan jadi kita beri kebijakan dengan mencicil tunggakan selama kurun waktu setahun, karena potensi pencurian ini dilakukan oleh pelanggan yang aliran listriknya dicabut," bebernya.

Ditambahkan Khaidir, hingga saat ini sebagian pelanggan yang kedapatan mencuri aliran listrik sudah mulai mencicil tunggakan, dengan begitu kerugian akibat pencurian listrik bisa diminimalisir.

Dirinya juga menghimbau kepada pelanggan listrik PLN agar dapat membayar tunggakan tepat waktu dan lebih penting tidak melakukan tindakan curang yakni mencuri listrik. [nat]




Komentar Pembaca