Pariwisata Desa Kali Padang Jadi Percontohan Bengkulu Tengah

Daerah  RABU, 23 JANUARI 2019 , 20:46:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Pariwisata Desa Kali Padang Jadi Percontohan Bengkulu Tengah

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Jajaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Tengah mengunjungi Desa Kali Padang Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong guna mencontoh pengembangan potensi wisata didesa tersebut.

Menurut pihak pelaksana kegiatan/ Event Organizer sadar wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kabupaten Bengkulu Tengah, Aghus Taifur, dipilihnya Desa Kali Padang tersebut karena dinilai kondisi wilayah didesa itu mirip seperti desa yang ada di Kabupaten Benteng.

"Sebelumnya kita sudah survey ke beberapa tempat di Rejang Lebong, kita pilih Desa Kali Padang karena masyarakat desanya ini baru mengembangan potensi pariwisatanya," kata Aghus kepada RMOLBengkulu, Rabu (23/1).

Dalam kegiatan study banding tersebut pihaknya turut membawa serta masyarakat desa asal Kabupaten Bengkulu Tengah, yakni yakni dari Desa Sri Kuncoro dan Desa Bukit.

Disebutkan dia selain hampir memiliki kesamaan kondisi wilayah, masyarakat di Desa Kali Padang dengan masyarakat di dua desa daerah itu sama-sama ingin terjun langsung dalam pengembangan sektor pariwisata, pengembangan pariwisata tersebut dilakukan bersama-sama.

"Untuk Desa Sri Kuncoro, potensi pariwisatanya banyak sekali, seperti area persawahan kemudian banyak masyarakatnya yang membuat kerajinan tangan, sehingga hal ini perlu didorong untuk terus mengembangkan kaerifan lokal di desa itu," imbuhnya.

Dirinya berharap, dengan kegiatan study banding itu bisa memberikan pengalaman dan pembelajaran baru untuk pengembangan sektor pariwisata diwilayah itu, sehingga upaya pengembangan potensi pariwisata dapat terwujud. [nat]



Komentar Pembaca