Rudi: Lahan Lubuk Ubar Bukan Untuk Relokasi TPU Talang Rimbo

Daerah  JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:31:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Rudi: Lahan Lubuk Ubar Bukan Untuk Relokasi TPU Talang Rimbo

Rudi Hermanto Nasution

RMOLBengkulu. Pengadaan lahan TPU di Desa Lubuk Ubar Kecamatan Curup Selatan diketahui dilakukan pada tahun 2016 silam atas persetujuan DPRD Rejang Lebong, hanya saja lahan tersebut dibebaskan bukan untuk relokasi TPU Talang Rimbo Baru Kecamatan Curup Tengah.

Hal tersebut diakui oleh mantan Ketua Komisi I DPRD Rejang Lebong, Rudi Hermanto Nasution, dirinya menegaskan lahan baru tersebut bukan untuk relokasi TPU Talang Rimbo Baru melainkan sebagai TPU baru.

"Pengadaan lahan di Desa Lubuk Ubar itu waktu saya masih menjabat Ketua Komisi I, jadi konsep pengadaan itu bukan untuk relokasi TPU Talang Rimbo, tetapi sebagai TPU baru," tegas Rudi dikonfirmasi RMOLBengkulu, Jumat (18/1).

Diungkapkan Rudi yang saat ini duduk sebagai Wakil Ketua Komisi III dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), usulan pengadaan lahan TPU baru itu disetujui karena kondisi di TPU Talang Rimbo Baru sudah padat dan berdesakan, sehingga untuk proses pemakaman baru dilakukan di TPU Lubuk Ubar.

Menurut dia, penuhnya kondisi TPU Talang Rimbo Baru itu disebabkan karena TPU itu bukan hanya digunakan oleh kalangan masyarakat sekitar, melainkan juga digunakan masyarakat dari wilayah lainnya, seperti wilayah Kelurahan Jalan Baru, Kepala Siring, Pasar Tengah, Talang Rimbo Lama dan lainnya.

"Kita sahkan sebelumnya di wilayah Lubuk Ubar karena kita menilai diwilayah perkotaan ini tidak ada lagi lahan untuk pemakaman, kalau kemudian saat ini akan digunakan untuk relokasi itu sudah keluar dari konsep awal," imbuhnya.

Pada pembahasan pengadaan lahan TPU sebelumnya, diakui Rudi antara pihak eksekutif yakni Pemkab Rejang Lebong dengan pigak legeslatif yakni DPRD sempat terjadi perdebatan yang alot, karena pihak eksekutif bersikukuh akan menjadikan lahan itu sebagai lokasi relokasi, meski akhirnya ditolak dan berubah konsep.

"Ketika isunya relokasi, saya yang dengan lantang pertama menolak itu,  karena saya besarnya diwilayah Talang Rimbo tahu persis bahwasanya masyarakat menolak," tegasnya.

Terkait rencana relokasi TPU itu sendiri, dirinya secara tegas menolaknya, dirinya juga akan terus mengawal rencana relokasi tersebut mengingat anggaran relokasi baru akan diusulkan pada APBD Perubahan 2019 nanti yang pastinya akan meminta persetujuan DPRD Rejang Lebong. [nat]

Komentar Pembaca
Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

SABTU, 16 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

BENANG MERAH (EPS.167): Tak Seirama Di Kubu Petahana
Kredibilitas Jadi Rahasia Karangkraf Bisa Bertahan

Kredibilitas Jadi Rahasia Karangkraf Bisa Bertahan

JUM'AT, 15 FEBRUARI 2019 , 12:00:00