Warga Tolak Relokasi TPU Talang Rimbo Baru

Daerah  JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 15:39:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Warga Tolak Relokasi TPU Talang Rimbo Baru
RMOLBengkulu. Rencana Pemerintah Rejang Lebong untuk merelokasi atau memindahkan tempat pemakaman umum (TPU) Talang Rimbo Baru Kecamatan Curup Tengah ke wilayah Desa Lubuk Ubar Kecamatan Curup Selatan nampaknya bakal melalui jalan terjal.

Pasalnya sejak diwacanakannya pemindahan TPU pada akhir 2016 silam, mendapat penolakan dari kalangan masyarakat, terutama masyarakat yang keluarganya dimakamkan di TPU tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh Isman Suhari (39) warga sekitar, dirinya merasa keberatan jika rencana tersebut benar-benar dijalaksanakan, pasalnya tak sedikit kelurganya yang dimakamkan di TPU Talang Rimbo Baru.

"Saya selaku masyarakat dan warga sini tidak setuju dengan rencana tersebut, karena kelurga banyak makam keluarga disini, mulai dari kakek nenek hingga orang tua saya," ujar Isman kepada RMOLBengkulu, Jumat (18/1).

Menurut dia, isu pemindahan TPU Talang Rimbo Baru memang sudah sempat mencuat tahun-tahun sebelumnya, dimana saat itu juga banyak mendapat penolakan masyarakat, hingga akhirnya isu pemindahan tak lagi terdengar.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sayit (43) warga Kelurahan Banyu Mas Kecamatan Curup Tengah, dirinya juga merasa keberatan jika TPU Talang Rimbo Baru direlokasi.

"Tentunya tidak setuju jika direlokasi, karena yang dimakamkan disana bukan hanya warga Talang Rimbo saja, termasuk keluarga kami," kata Sayit ditemui saat berziarah.

Sementara itu Zainal (67) warga sekitar menambahkan, pada awal mencuatnya isu pemindahan makam pada tahun 2017 lalu, kalangan warga telah menyampaikan penolakan secara resmi, dengan membuat surat pernyataan yang ditandatangani tiap warga.

"Kalau memang dipindahkan bisa ribut nanti, lahannya juga ini bukan milik Pemerintah tetapi tanah wakaf, semua masyarakat sudah sempat tandatangan keberatan," bebernya.

Dirinya berharap rencana relokasi TPU tidak benar-benar dilaksanakan karena jika dilaksanaan berpotensi menimbulkan konflik, dirinya juga berharap Pemkab Rejang Lebong dapat menyelesaikan program yang lebih prioritas dibanding memindahkan TPU.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Rejang Lebong Pranoto mengatakan, lokasi baru untuk relokasi TPU Talang Rimbo Baru sudah disiapkan di Desa Lubuk Ubar seluas 5 hektar, rencananya anggaran untuk proses relokasi dianggarkan dalam APBD Perubahan 2019 nanti. [nat]




Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

Salam Dua Jari Prabowo

Salam Dua Jari Prabowo

RABU, 17 APRIL 2019 , 10:27:00