Inspektorat Lebong Targetkan Maturitas SPIP Naik Level III

Daerah  SABTU, 12 JANUARI 2019 , 05:52:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Inspektorat Lebong Targetkan Maturitas SPIP Naik Level III

Andi Febriansyah/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Tahun 2019 ini Inspektorat Kabupaten Lebong, menargetkan maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) naik kelas. Dimana semula level II ditargetkan naik menjadi level III. Target ke level III itu sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 2 tahun 2015 tentang RPJMN 2015 - 2019.

"Karakter SPIP level III, yaitu dipraktikan di seluruh organisasi dan didukung dengan sistem pendokumentasian yang memadai," kata Inspektur Daerah (Ipda) Inspektorat Lebong, Tina Herlina melalui Sekretaris, Andi Febriansyah, Jum'ar (11/1) pagi.

Dia menambahkan, Inspektorat dalam hal ini hanya sebatas pembinaan. Sedangkan, pelaksanaannya tetap dilakukan auditor OPD itu masing - masing.  "Dasar hukum penilaian penyelenggaraan maturitas SPIP adalah Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 dengan berpedoman pada Peraturan Kepala BPKP Nomor 4 Tahun 2016," jelas Andi.

Menurutnya, tingkatan maturitas dibagi dalam lima level. Diantaranya, level 0 belum sekali belum ada kebijakan dan prosedur pelaksanaan pengendalian intern. Level I praktik pengendalian intern bersifat ad hoc dan tidak terorganisasi serta tanpa komunikasi dan pemantauan.

Kemudian, level II praktik pengendalian tidak terdokumentasi dengan baik dan belum ada evaluasi efektivitasnya, Level III praktik pengendalian telah terdokumentasi namun evaluasinya tanpa dokumentasi memadai.

Sedangkan, level IV pengendalian intern diterapkan dengan efektif dan ada evaluasi formal yang terdokumentasi, serta level V pengendalian intern diterapkan dengan berkelanjutan, terintegrasi dalam pelaksanaan kegiatan dan didukung pemantauan otomatis

"Maturitas SPIP menunjukkan ukuran kualitas dari sistem pengendalian intern pada suatu organisasi. Satuan ukurnya adalah level maturitas. Itulah alasan peningkatan level ini sangat penting," demikian Andi. [ogi]

Komentar Pembaca
Prabowo-Sandi Incar Golput

Prabowo-Sandi Incar Golput

KAMIS, 21 MARET 2019 , 19:00:00

#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

RABU, 20 MARET 2019 , 21:00:00

Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

SELASA, 19 MARET 2019 , 19:00:00