Bersama OKE OCE, Bintang Rafflesia Siap Go Nasional

Ekbis  RABU, 02 JANUARI 2019 , 11:47:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Bersama OKE OCE, Bintang Rafflesia Siap Go Nasional

Ricky JF

RMOLBengkulu. Sebagai langkah awal dalam mengembangkan BUMM dari pemilik perusaahan di bawah binaan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, selaku Ketua Dewan Pembina Anggota DPD RI Ahmad Kanedi, serta pemilik Bintang Rafflesia yaitu H. Benny Suharto siap go nasional bersama gerak OK OCE .

Hal ini didasari dengan perkembangan informasi dan teknologi yang begitu pesat, bahkan berbagai pihak harus melakukan berbagai inovasi untuk mengimbanginya. Bagitu pula dengan unit-unit usaha, baik sekala besar maupun sekala kecil seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pengarah UMKM Bintang Raflesia, Ricky JF Kolengan mengatakan beberapa langkah harus dilakukan, supaya hasil produk UMKM bisa dipasarkan dengan nilai tinggi.

"Ada beberapa Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMM) yang merupakan gabungan dari penggiat UMKM berada dibawah naungan kita. Dimana mereka itu telah menghasilkan produk-produk, dan sebenarnya memiliki nilai pasar yang sangat luas, bukan hanya tingkat Nasional tetapi juga international," kata Ricky baru-baru ini
 
Masih kata Ricky, sebelum itu harus ada beberapa langkah yang dipersiapkan secara matang. Mulai dari perizinan, kemasan, hingga pemasaran produk.

"Jika semua itu sudah dilakukan, niscaya produk-produk BUMM di Bengkulu ini benar-benar bisa merambah pasar Nasional dan International, sehingga berdampak positif meningkatkan kesejahteraan masyarakat," sambung Ricky.

Disisi lain, Ketua Bintang Raflesia Ruben Suharto menyebutkan, beberapa produk yang dihasilkan BUMM yang berada dibawah naungannya yaitu seperti kopi, jahe, keripik pepaya, dan gurita.

"Kita disini sebagai fasilitator agar produk yang merupakan hasil dari penggiat UMKM di BUMM bisa dipasarkan secara luas lagi ," jelas Ruben.

Untuk menuju hal itu nantinya akan diselesaikan mulai dari perizinan, kemasan dan untuk pemasaran akan dibantu oleh pihaknya serta tidak menutup kemungkinan untuk modal.

"Sejauh ini, BUMM dibawah naungan kita berada di Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan, Seluma, Rejang Lebong, Kepahiang dan Mukomuko. Dalam waktu dekat kita akan ke Enggano, karena disana ada emping, kopi bubuk dan keripik pisang,” katanya

Sementara itu untuk tingkat pusat ada yang namanya Gerak OK OCE Indonesia.  Gerak OK OCE adalah sebuah Gerakan Ekonomi Kerakyatan yang mengadopsi Quadruple Helix Model untuk menciptakan lapangan kerja berbasis kewirausahaan di Indonesia melalui One KAbupaten/Kota, One Center For Entrepreunership yang disingkat OKE OCE

Founder Gerak OK OCE Indonesia sendiri adalah Sandiaga Salahuddin Uno dan Faransyah Agung Jaya atau akrab dipanggil Coach Faran selaku Co-Founder sekaligus Ketua Umum.

Gerak OK OCE Indonesia adalah gerakan independen dalam membangun ekonomi kerakyatan yang menyebar secara nasional dan tidak berafiliasi dengan organisasi manapun yang memiliki kemiripan nama atau organisasi lain yang menggunakan nama OK OCE dan saat ini semangat dan pola geraknya banyak di ikuti oleh beberapa organisasi sejenis yang menempelkan nama OK OCE. [nat]




Komentar Pembaca
Refleksi 118 Tahun Bung Karno

Refleksi 118 Tahun Bung Karno

JUM'AT, 07 JUNI 2019

Ini Pesan Lebaran Di Kota New York
Umat Di Era Disrupsi

Umat Di Era Disrupsi

KAMIS, 06 JUNI 2019

Pembantaian Tiananmen Di China

Pembantaian Tiananmen Di China

SELASA, 04 JUNI 2019

Buruan, Ada Promo Diskon Dari TIKI Selama Lebaran
Karet Gelang

Karet Gelang

SENIN, 03 JUNI 2019

Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

SABTU, 15 JUNI 2019 , 17:00:00

Harta Jokowi Bertambah 13 Miliar Dalam 13 Hari

Harta Jokowi Bertambah 13 Miliar Dalam 13 Hari

JUM'AT, 14 JUNI 2019 , 21:00:00

Pesan Danyon Brimob H-1 Jaga MK

Pesan Danyon Brimob H-1 Jaga MK

KAMIS, 13 JUNI 2019 , 21:00:00