Sikap Mahasiswa Harus Bertumpu 4 Konsensus Dasar

Pendidikan  SABTU, 15 DESEMBER 2018 , 07:11:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Sikap Mahasiswa Harus Bertumpu 4 Konsensus Dasar

Putut Prabantoro/ net

RMOLBengkulu. Bersuara lantang di jalanan belum tentu memiliki dampak berarti, jika yang disuarakan tidak berdasarkan data yang valid dan logis.

Mahasiswa sebagai agen perubahan memang diharuskan memiliki sikap kritis terhadap situasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Namun demikian, sikap kritis itu harus dimulai dengan mengikuti berbagai perubahan atau fenomena yang terjadi di tanah air dan diungkap secara logis dengan menggunakan data.

Begitu wejangan dari Konsultan Komunikasi Publik, AM Putut Prabantoro kepada mahasiswa Fakultas Komunikasi Universitas Bakrie, dalam diskusi bertajuk Mencermati Komunikasi Politik Indonesia” yang digelar Rabu (12/12) lalu.

Putut Prabantoro menjelaskan bahwa selalu ada kepentingan yang akan dimenangkan. Untuk itu, komunikasi politik harus selalu dilihat sebagai cara-cara yang dilakukan setiap pelakunya dalam mencapai tujuan, yakni memenangkan pertarungan politik.

Kemenangan pertarungan politik itu akan berujung pada terpenuhinya kepentingan orang atau kelompok tersebut yang dapat berupa kekuasaan, diterimanya aspirasi atau nilai-nilai yang ditawarkan,” terangnya adlam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (15/12).

Dia melihat di era kekinian, komunikasi politik sering mengabaikan akal sehat, data, dan budaya lokal. Bahkan tak jarang, kata alumnus Lemhannas-PPSA XXI itu, kerap meninggalkan sikap kesantunan yang sebenarnya merupakan jati diri bangsa.

Untuk itu, dia mengimbau kepada mahasiswa Indonesia agar menumbuhkan sikap kritis dari praktik hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang bertitik tolak dari empat konsensus dasar yakni Pancasila, NKRI, UUD NRI 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sehingga, politik di Indonesia harus diartikan sebagai cara sebuah bangsa mengatur hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang semuanya bertumpu dari keempat konsensus dasar.

Jika dalam praktik politik di Indonesia ternyata ada yang ke luar dari keempat konsensus dasar itu, mahasiswa Indonesia harus kritis dan peka,” demikian Putut Prabantoro dikutip Kantor Berita Politik RMOL. [nat]



Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.170): Lingkaran Korup Jokowi-Maruf
Prabowo-Sandi Incar Golput

Prabowo-Sandi Incar Golput

KAMIS, 21 MARET 2019 , 19:00:00

#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

RABU, 20 MARET 2019 , 21:00:00