Ini Cerita Owner Kopi Pemburu Binaan Bintang Rafflesia

Ekbis  KAMIS, 13 DESEMBER 2018 , 16:10:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Ini Cerita Owner Kopi Pemburu Binaan Bintang Rafflesia
RMOLBengkulu. Berawal dari kegemarannya berburu kehutan-hutan dan berpetualang, Bagus Kurniawan atau kerap disapa Wawan menjadi salah satu owner "Kopi Pemburu" disalah satu daerah terisolir di Provinsi Bengkulu yakni Desa Padang Capo Kabupaten Seluma.

Bagus menjelaskan bahwa dirinya telah bergabung di UKM Bintang Rafflesia binaan Benny Suharto ini sejak  awal Bintang Rafflesia berdiri. Dan Kata pemburu pun akhirnya melekat sebagai brand kopi yang berasal dari Desa Padang Capo ini.

Tidak hanya itu, Bagus yang menjadi owner kopi pemburu juga masih aktif memonitor para petani kopi yang ada di Desa Padang Capo agar dapat mengolah kopi-kopi dan menghasilkan kualitas yang baik yang dapat meningkatkan harga kopi tersebut.

"Untuk saat ini saya masih aktif memonitor dan memberikan arahan kepada petani kopi binaan Bintang Rafflesia yang ada di Padang Capo agar nantinya mereka menjadi contoh bagi petani lainnya untuk ikut bergabung ke Bintang Rafflesia dan mengembangkan potensi-potensi yang ada didesa yang saat ini masih kurang perhatian serta ilmu pengetahuan tentang pengemasan kopi dan proses penjualan kopi yang tidak merugikan para petani ," kata Bagus, Kamis (13/12) kepada RMOLBengkulu.

Masih kata Bagus, ada sebanyak 5 orang petani yang sudah tergabung dalam binaan UKM Bintang Rafflesia dan untuk saat ini masih tahap pembinaan sehingga baru memproduksi 10 kg kopi arabika dalam sebulan. Selain itu, Bintang Rafflesia binaan Benny Suharto ini juga nantinya akan memberikan sosialisasi terkait kemajuan dalam mengolah kopi dan pemberian modal

"Untuk petani yang ingin bergabung ke UKM Bintang Rafflesia nantinya akan melakukan MOU serta melengkapi surat-surat yang sudah ditentukan oleh pihak UKM," sambungnya.

Tahapan dalam penjemuran kopi pemburu pun sudah tidak terkena matahari secara langsung melainkan di lapisi dengan plastik sehingga mempermudah aktivitas petani kopi lainnya.

"Jadi kalau hari hujan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengangkat jemuran kopi dan petani bisa mengerjakan kerjaan yang lainnya," tutup Bagus.

Untuk diketahui ruas jalan menuju Desa Padang Capo saat ini masih terkendala dan  membutuhkan perhatian agar pemanfaatan sumber daya alam seperti kopi pemburu ini dapat dikenal banyak orang karena kopi pemburu sendiri pun memiliki kualitas yang tidak kalah bagusnya dari kopi-kopi lainnya.

Benny Suharto yang merupakan caleg DPR RI nomor urut 3 Dapil Provinsi Bengkulu yang diusung oleh partai PAN ini juga salah satu pendiri UKM Bintang Rafflesia yang saat ini telah tergabung 13 UKM dari berbagai daerah. Dia adalah membina generasi muda untuk berwirausaha salah satu caranya yakni dengan mensosialisasikan kepada generasi muda agar dapat memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA). [nat]




Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 07:37:00