Tingkatkan Kreatifitas Mahasiswa, S1 Jurnalistik Gelar JAS

Pendidikan  MINGGU, 09 DESEMBER 2018 , 00:26:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Tingkatkan Kreatifitas Mahasiswa, S1 Jurnalistik Gelar JAS

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Berbagai pelatihan telah dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa S1 Jurnalistik ( HimaS1stik) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Negeri Bengkulu (Fisip UNIB), salah satunya yakni kegiatan Journalist Film and Fotografi Education (JUFFE).

Pelatihan ini diperuntukan untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2018, agar lebih mengenal lagi dunia jurnalistik yang identik dengan  pembuatan berita. Namun tidak hanya itu, dunia jurnalistik juga mengenal fotografi dan perfilman.

Sebagai kegiatan lanjutan dari JUFFE, HimaS1stik menggelar acara Journalist Art Season (JAS) sebagai bentuk apresiasi dari hasil karya dengan bekal ilmu yang didapat sebelumnya.

Disampaikan oleh ketua panitia Jurnalistik Art Season (JAS) Riski Maharani di sela-sela pemutaran film mahasiswa S1 Jurnalistik yang mengusung tema "Tangkap Kesempurnan Dalam Keterbatasan" di gedung kulia bersama 2 Fisip Unib, Sabtu (8/12).

"JAS ini sendiri merupakan agenda lanjutan dari kegiatan JUFFE dan juga agenda tahunan yang diselenggarakan oleh HimaS1stik dengan tujuan mengapresiasi karya dan usaha mahasiswa S1 Jurnalistik dalam membuat sebuah karya film dan fotografi yang sebelumnya telah diberikan pelatihan dengan pemateri yang berkompeten di bidang fotografi dan perfilman," kata Rizky.

Rizky juga menyebutkan sedikitnya ada sepuluh film karya mahasiswa S1 Jurnalistik UNIB akan ditayangkan dan diapresiasi oleh HimaS1stik.

Disisi lain Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fisip UNIB, Suparman  menilai kegiatan apresiasi seperti ini merupakan ajang dimana mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan dan kreativitas sebagai 'pintu awal' persaingan dalam industri kreatif tanah air.

"Ini kegiatan yang sangat positif karna mahasiswa harus memiliki soft skill yang ditempa sejak dini agar nantinya siap menghadapi persaingan dalam industri kreatif yang sesungguhnya," ucap Suparman.

Kendati demikian Ketua Umum HimaS1stik, Bilawa Dwi Prayoga mengatakan akan ada pengembangan dalam berbagai aspek pada kegiatan ini. Perlu diketahui, kegiatan JAS maupun JUFFE ini masih diselenggarakan secara internal sehingga belum bisa diikuti oleh masyarakat umum.

"Dengan terselenggaranya kegiatan ini menjadi rekomendasi untuk kedepannya agar kegiatan semacam ini dapat diikuti oleh semua kalangan agar semakin banyak ilmu serta pembelajaran yang didapat oleh mahasiswa S1 jurnalistik," ungkap Bilawa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan yang sekaligus membuka acara  jas dan seluruh mahasiswa S1 Jurnalistik. Selain pemutaran film kegiatan Jas ini juga di isi dengan akustik dari mahasiswa S1Jurnalistik. [nat]




Komentar Pembaca
Prabowo-Sandi Incar Golput

Prabowo-Sandi Incar Golput

KAMIS, 21 MARET 2019 , 19:00:00

#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

#KataRakyat: DPT Bikin Bete!

RABU, 20 MARET 2019 , 21:00:00

Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

Tiga Kartu Jokowi Untuk Proyek

SELASA, 19 MARET 2019 , 19:00:00