Rejang Lebong Kekurangan Vaksin HPR

Daerah  RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 20:31:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Rejang Lebong Kekurangan Vaksin HPR

ist

RMOLBengkulu. Berdasarkan data sensus tahun 2015, jumlah Hewan Penular Rabies (HPR) di Kabupaten Rejang Lebong mencapai 38.000 ekor, dimana jumlah tersebut tercatat paling tinggi dari kabupaten/ kota lainnya di Provinsi Bengkulu.

Kepala UPT Puskeswan Curup, Drh. Firi Asdianto mengatakan, meskipun jumlah HPR diwilayah itu cukup banyak namun vaksin yang tersedia hanya mampu untuk setengah dari populasi HPR.

"Berdasarkan data sensus tahun 2015, populasi HPR kita mecapai 38.000 ekor, sedangkan vaksin yang tersedia hanya setengahnya, yakni sebanyak 16.000 dosis," kata Firi kepada RMOLBengkulu belum lama ini.

Kegiatan vaksinasi HPR sendiri sejauh ini menurut dia tinggal menyisakan beberapa kelurahan lagi, yang dalam waktu dekat diperkirakan akan selesai seluruhnya.

Dijelaskan dia, vaksinasi HPR mulai dari kucing, kera dan anjing tersebut dilakukan guna mencegah kasus penularan rabies terhadap manusia akibat serangan HPR.

"Vaksinasi HPR  di kabupaten Rejang Lebong ini tercatat paling banyak di Bengkulu, dan kegiatan ini akan kami laksanakan terus sampai akhir tahun, jika nantinya persediaan vaksin kurang kami akan mengajukan permintaan kembali ke Pemprov Bengkulu," pungkasnya. [nat]




Komentar Pembaca