Deklarasi Damai, 46 Cakades Tebar Pesona

Daerah  SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 06:52:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Deklarasi Damai, 46 Cakades Tebar Pesona

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sebanyak 46 Calon Kepala Desa (Cakades) yang lolos verifikasi administrasi, mengikuti deklarasi damai yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, di aula Pemda Lebong, Senin (26/11) kemarin.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Lebong, Rosjonsyah, Kapolres Lebong AKBP Andree Ghama Putra, Pabung TNI Kapten Inf Yos Anison, Kabag Ops Polres Lebong, Yosril Radiansyah, Penjabat Sekda Lebong, Dalmuji Suranto, Asisten I Setda Lebong Jafri, Kadis PMDS, Reko Haryanto. Turut juga dihadiri sejumlah Kapolsek dan Camat, Pjs Kades yang menggelar Pilkades 2018.

Kapolres Lebong, AKBP Andree Ghama Putra, menegaskan, setiap Cakades harus memahami bahwa pesta demokrasi tingkat desa harus berjalan lancar dimulai dari Cakadesnya sendiri. Kemudian selanjutnya baru mengajak para simpatisannya  untuk menciptakan suasana Kamtibmas.

"Cakades siap menang tentu harus siap kalah. Yang jelas Polri siap mengamankan dan menjaga serta memantau secara rutin setiap perkembangan didesa. Bagi kami, ini awal pesta demokrasi tingkat nasional. Jika Pilkades lancar tentunya Pemilu 2019 nanti kita yakin lebih lancar. Karena kekerabatan dalam Pilkades lebih kental daripada Pemilu 2019, untuk itu semua pihak wajib menjaga Kamtibmas," ucapnya.

Kadis PMDS Lebong, Reko Haryanto, mengatakan, tujuan dari kegiatan Deklarasi Damai Pilkades tersebut, sebagai upaya menciptakan suasana kondusif ditingkat desa yang melaksanakan kegiatan Pilkades.

"Dedikasi dan integritas seluruh Cakades beserta Panitia dari tingkat desa sampai Kabupaten juga sangat diharapkan. Karena kelancaran Pilkades itu merupakan tanggung jawab kita semua, termasuk juga pelaksanaan Pilkades yang aman dan damai dalam mencari Pemimpin desa yang amanah," jelas Reko.

Selain itu, pihaknya berharap agar seluruh calon dapat menyukseskan Pilkades serentak secara damai tanpa harus mengedepankan ego semata demi kemenangan.

Deklarasi damai ini tentunya bertujuan agar desa yang menyelenggarakan Pilkades dapat benar-benar menyukseskan Pilkades di desanya. Serta tidak mengedepankan ego semata demi kemenangan. Calon kades harus bisa menjaga ketertiban masyarakat dimasing-masing desa," tutup Reko. [ogi]

Komentar Pembaca