Investigasi Dugaan Pelanggaran Kampanye Caleg DPR RI Dihentikan

Daerah  SENIN, 19 NOVEMBER 2018 , 15:11:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Investigasi Dugaan Pelanggaran Kampanye Caleg DPR RI Dihentikan

Dodi Hendra S/ RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rejang Lebong menghentikan investigasi dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh salah satu calon anggota DPR RI diwilayah itu.

Ketua Bawaslu Rejang Lebong, Dodi Hendra S mengatakan, dihentikannya proses investigasi tersebut dilakukan karena tidak cukupnya alat bukti untuk diproses lebih lanjut, mengingat dugaan pelanggaran kampanye tersebut bukan dari laporan masyarakat.

"Prores investigasi terkait dugaan pelanggaran kampanye kita hentikan, karena kurangnya alat bukti berupa kesaksian dari saksi," kata Dodi dikonfirmasi RMOLBengkulu, Senin (19/11).

Dijelaskan dia, dalam proses investigasi mencari kebenaran atas dugaan yang terjadi dibutuhkan alat bukti dan juga saksi tang akan memberikan kesaksian, namun dalam perjalanan investigasi tersebut, tidak ada saksi yang berkenan dimintai keterangan.

"Saksi ini kan sebagai penguat atas dugaan pelanggaran yang terjadi, namun kita tidak ada saksi yang mau memberikan kesaksian, terlebih kita juga kan tidak bisa memaksakan seseorang untuk menjadi saksi," imbuhnya.

Dalam kesempatan itupula, dirinya berharap masyarakat bisa turut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan kegiatan kampanye, jika terjadi indikasi pelanggaran bisa dilaporkan ke Panwascam atapun Bawaslu agar nantinya dapat ditindaklanjuti.

Sekedar mengingatkan, sebelumnya Bawaslu Rejang Lebong melakukan investigasi terhadap kegiatan kampanye yang dilakukan salah satu calon DPR RI yang diduga melakukan kampanye terselubung di Kecamatan Selupu Rejang, namun akhirnya proses investigasi dihentikan karena tidak adanya saksi. [nat]




Komentar Pembaca