KPU Rejang Lebong Gunakan Bilik Suara Lama

Daerah  MINGGU, 18 NOVEMBER 2018 , 19:13:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

KPU Rejang Lebong Gunakan Bilik Suara Lama

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong akan kembali menggunakan bilik suara lama yang terbuat dari aluminum pada Pemilu serentak 2019 mendatang.

Ketua KPU Reajng Lebong, Restu Wibowo mengatakan, digunakannya bilik suara lama tersebut dilakukan karena kebutuhan bilik suara baru yang telah mereka terima sebelumnya belum tercukupi, karena memang meburitnya bilik suara baru yang mereka ajukan sebelumnya ke KPU RI hanya untuk mencukupi kebutuhan bilik suara yang sudah ada.

"Kita akan gunakan bilik suara lama yang terbuat dari aluminium, karena memang, dalam pengajuan bilik baru kemarin, yang kita ajukan bukan berdasarkan kebutuhan dari seluruh TPS yang ada, melainkan kekurangan dari bilik suara yang ada saat ini," kata Restu kepada RMOLBengkulu belum lama ini.

Jumlah TPS di Kabupaten Rejang Lebong yang mereka tetapkan sebelumnya sebanyak 801 TPS, dengan kebutuhan bilik suaran sebanyak 3.220 unit, sedangkan bilik suara yang terbuat dari aluminium masih ada sebanyak 1.329 unit, sehingga jumlah bilik suara yang mereka ajukan sebelumnya sebanyak 1.875 unit.

Dijelaskan dia, masih digunakannya bilik suara lama tersebut karena tidak ada ketentuan yang mengatur harus adanya penggantian bilik suara yang masih bisa digunakan, sehingga pihaknya hanya mengusulkan kekurangan saja.

"Berbeda halnya dengan kotak suara, karena harus menggunakan kotak suara yang transparan, sedangkan yang lama berbahan aluminium sehingga tidak digunakan lagi dalam Pemilu 2019 nanti," imbuhnya.

Meski masih menggunakan bilik suara lama, namun ditambahkan Restu pihaknya masih mengusulkan bilik suara tambahan, karrna saat ini bilik suara masih kekurangan pasca adanya prubahan DPT yang berimbas pada penambahan  TPS baru, dimana saat ini jumlah TPS Rejang Lebong ditetapkan sebanyak 805 TPS. [nat]




Komentar Pembaca
Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00