10 BUMDes di Bengkulu Utara Dapat Mobil Operasional

Daerah  SABTU, 17 NOVEMBER 2018 , 00:35:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

10 BUMDes di Bengkulu Utara Dapat Mobil Operasional
RMOLBengkulu. Sedikitnya ada 8 unit mobil jenis pick up Pemda Bengkulu Utara bagikan sebagai kendaraan operasional bantuan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten BU, Eka Hendriyadi mengatakan pendistribusian kendaraan tersebut berdasarkan usulan dari beberapa desa di Kabupaten Bengkulu Utara pada tahun 2017.

"Dari beberapa usulan desa yang memenuhi verifikasi oleh tim di Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkulu Utara, selanjutnya di input ke dalam aplikasi perencanaan yang disebut KRISNA di kelola oleh Bappeda BU," kata Eka, menjelaskan ketika kegiatan berlangsung, Jumat (16/11) di halaman Kantor Bupati Bengkulu Utara.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Utara, Kiman Nazardi, menjelaskan, pemerintah daerah berupaya berlaku adil terhadap semua pemerintah desa namun perlu diketahui haruslah berpedoman dengan ketentuan.

Masih kata Kiman, sesuai dengan persyaratan dan kriteria yang telah di tetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PDT nomor 126 tahun 2017 tentang penetapan desa prioritas sasaran pembangunan desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi.

Adapun kriteria yang telah diatur sebagai penerima bantuan DAK tersebut antara lain, desa-desa yang berada di perbatasan transmigrasi dengan akses transportasi yang masih sulit, telah memiliki Bumdes yang sudah berkembang dan maju.

"Kedepan bagi desa-desa yang belum  mendapatkan tetap diusulkan melalui Kementerian Desa PDT secara bertahap, jadi tidak benar Kalo pendistribusian itu berdasarkan tempat tinggal kediaman Bupati apalagi kalau dikaitkan dengan politik hal ini sangat tidak mungkin hanya kebetulan saja usulan dari Desa tahun 2017 baru terealisasi di tahun 2018 ini," ujar Kiman dalam keterangannya.

Untuk di ketahui bahwa pada tahun 2017 yang lalu Pemda Bengkulu Utara telah mendistribusikan kendaraan roda 4 untuk desa-desa sebanyak 9 unit mobil pick up dan 2 unit minibus yang tersebar di beberapa kecamatan antara lain kecamatan Arma Jaya, Kerkap, Hulu palik, Batik Nau dan Enggano.

Sementara itu, setelah diserahkan bantuan 8 unit kendaraan tersebut nantinya akan menyusul 2 unit lagi karena masih dalam pengiriman barang.

Bupati Bengkulu Utara Mian menegaskan kepada desa-desa yang telah menerima agar dapat memelihara kendaraan ini dan tentunya harus dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya guna meningkatkan perekonomian masyarakat di desa masing-masing.

"Jangan sampai nanti dengan bantuan mobil ini terjadi konflik di desa, karena penggunaan mobilnya tidak tepat pada tempatnya apa lagi kalau digunakan untuk kepentingan pribadi, berharap agar mobil ini di gunakan untuk kepentingan yang lebih menyentuh kebutuhan masyarakat," tegas Bupati Mian. [nat]




Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 07:37:00