Berdialog Cara Mendidik Anak Milenial

Pendidikan  SENIN, 12 NOVEMBER 2018 , 14:46:00 WIB | LAPORAN: EMYLLIA MARSELLA

Berdialog Cara Mendidik Anak Milenial

Kak Seto/ RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemerhati anak Setyo Mulyadi menyampaikan kiat-kiat untuk mendidik anak-anak di zaman melilenial saat ini.

"Karena sekarang anak-anak sumber informasinya sudah sebegitu luas jadi didikan untuk anak tidak ada lagi dengan cara-cara pemaksaan atau kekerasan karena dampaknya justru anak akan kabur, tidak mau lagi mendengarkan nasehat orang tua atau gurunya, malah bisa terperosok ke perilaku menyimpang," ungkap Setyo Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto, Senin (12/11) diwawancara usai mengisi Seminar Nasional sebagai pemateri digelar Fakultas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Auditorium Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Pemerhati anak nasional menegaskan kepada tenaga pendidik baik guru maupun orang tua untuk merubah pola didiknya terhadap anak-anaknya.

"Harus lebih ramah dengan anak, baik itu tenaga pendidik atau guru maupun orang tua. Memposisikan diri bukan seorang bos atau komandan yang memerintah namun sebagai sahabat untuk anak kita dengan mendidik anak menjadi mandiri yang bisa bekerjasama," tegasnya.

Untuk dapat mewujdkan hal tersebut, Setyo menambahkan, adanya kerjasama yang baik antara anak dan orang tua dengan cara berdiolag. Memusyawarahkan dengan mencari solusi-solusi yang terbaik tanpa ada pemaksaan dari satu arah.

"Maka caranya lun dengan kerjasama bukan dengan cara pemaksaan atau satu komando atau satu arah tapi adanya dialog atau dua arah dengan musyawarah yang menghasilkan solusi dengan tidak adanya pemaksaan kehendak dari satu arah," pungkasnya. [nat]




Komentar Pembaca
Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00