Sukses Karnaval Batik Besurek 2018

Advertorial  MINGGU, 11 NOVEMBER 2018 , 19:01:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Sukses Karnaval Batik Besurek 2018
RMOLBengkulu. Pemerintah Kota Bengkulu sukses menggelar Karnaval Batik Kain Besurek. Ribuan warga masyarakat tumpah ruah dalam kegiatan tersebut. Atas kesuksesan ini, mendorong Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk mengusulkan Karnaval Batik Besurek masuk Top 100 Kalender Of Event Nasional.

Kita akan berupaya ini nanti tidak hanya kalender event kota, kalau sudah jadi seperti ini ya kita usulkan ke kalender nasional dan ini jelas memungkinkan, kenapa tidak. Apalagi potensi dari kegiatan ini sangat mendukung dalam mendorong promosi wisata Bengkulu,” kata Asisten I Pemprov Bengkulu Hamka Sabri, usai mendampingi Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi melepas secara resmi Karnaval Kain Besurek, di Simpang Lima Ratu Samban Kota Bengkulu, Minggu (11/11).

Disampaikan juga Dedy, selain sebagai bentuk apresiasi kreatifitas dari para seniman Bengkulu, upaya melestarikan dan meningkatkan kebanggan akan kain besurek, kegiatan ini dilaksanakan juga sebagai bentuk sinergi Pemkot dan Pemprov menuju Wonderful Bengkulu 2020, yang muaranya kepada semakin mengenalkan wisata Bengkulu ke tingkat nasional bahkan internasional.

Apalagi Pak Gubernur sangat mensupport event ini. Kalau bersinergi antara kota dan provinsi, akan lebih besar. Kita ingin bukan hanya Festival Tabot yang menjadi event nasional, tetapi Karnaval Kain Besurek ini juga menjadi salah satu event nasional,” jelasnya.

Tidak hanya diikuti lebih dari 250 peserta Batik Etnik dan ribuan pawai Busana Kain Besurek, wisatawan domestik dan regional bahkan beberapa pejabat daerah dari beberapa provinsi dan kabupaten/kota luar Bengkulu, ikut memeriahkan acara ini.

Alhamdulillah tamu kita dari luar juga sudah mulai banyak, ada dari Bao-bao, Batu, Pekalongan, kemudian dari Demak, Medan dan banyak lagi. Jadi daerah itu maju kalau banyak menjadi tuan rumah event-event nasional,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kota Bengkulu juga melaunching motif Batik Besurek Harapan dan Doa (HD) di halaman Stadion Semarak, Sawah Lebar.

Ini merupakan kreativitas, melalui Batik Besurek HD ini kita harapkan dapat memperkaya motif-motif yang ada pada kain besurek,” ungkap Dedy Wahyudi.

Menurutnya, tidak ada kekhususan pada motif Batik Besurek HD ini. Hanya saja motifnya lebih kreatif.

Kami harapkan juga, Batik Besurek HD ini juga dapat meningkatkan daya beli masyarakat terhadap Batik Besurek,” demikian Dedy.

Untuk diketahui, Karnaval Batik Kain Besurek start dari Simpang Lima Ratu Samban-Jalan S. Parman-Jalan Jati dan finish di halaman Stadion Semarak Sawah Lebar. Berbagai peserta yang berasal dari dalam Provinsi Bengkulu dan luar provinsi menggunakan Batik Kain Besurek dengan perpaduan motif-motif yang menarik. [adv]



Karnaval Batik Kain Besurek 2018

Karnaval Batik Kain Besurek 2018

Karnaval Batik Kain Besurek 2018


Komentar Pembaca
Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

SABTU, 16 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

BENANG MERAH (EPS.167): Tak Seirama Di Kubu Petahana
Kredibilitas Jadi Rahasia Karangkraf Bisa Bertahan

Kredibilitas Jadi Rahasia Karangkraf Bisa Bertahan

JUM'AT, 15 FEBRUARI 2019 , 12:00:00