10 Besar Calon KPU BS, Incumbent Calon Kuat

Politik  KAMIS, 08 NOVEMBER 2018 , 09:32:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

10 Besar Calon KPU BS, Incumbent Calon Kuat

Yulian/ RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Tim Seleksi (Timsel) calon anggota KPU Bengkulu Selatan (BS) sudah menyelesaikan tugasnya. Timsel mengantarkan calon anggota KPU BS hingga 10 besar.

Nama-nama peserta yang dinyatakan lulus 10 besar berhak mengikuti satu tahap akhir tes uji kelayakan dan kepatutan di KPU.

Dari 10 nama tersebut hanya menyisahkan satu orang calon incumbent. Sebelumnya, ada dua incumbent yang ikut bertarung memperebutkan kursi KPU BS periode 2018-2023. Namun, dibabak semi final, satu orang harus merelakan kursinya bakal diisi orang lain.

M. Arif Luthfi satu-satunya calon anggota KPU BS yang masih berjuang di babak final. Sedangkan, rivalnya Roseka Yanti harus tereliminasi oleh Timsel.

Gugurnya, Roseka Yanti di babak semi final merupakan kejutan bagi masyarakat Kabupaten BS. Pasalnya, banyak prediksi dua calon anggota KPU dari incumbent melangkah dengan mulus hingga babak final.

Namun, hasil pengumuman Timsel beberapa hari lalu membuat prediksi calon terpilih berubah drastis.

Ada empat nama yang digadang-gadang melangkah dengan mulus. Yaitu M. Arif Luthfi, Alfen Samsen, Wimarni, Lismi. Keempatnya memiliki latar belakang yang kuat, M. Arif Luthfi selain incumbent didukung penuh kekuatan Nahdatul Ulama (NU), Alfen Samsen mantan komisioner Panwaslu yang juga didukung oleh Pemuda Muhammadiyah, Wimarni mantan komisioner Panwaslu didukung oleh GP Anshar NU, Lismi keterwakilan perempuan dan memiliki hubungan dekat dengan Plt Bupati BS, Gusnan Mulyadi Tinggal satu kursi yang akan menjadi persaingan ketat diantara enam peserta tersisa.  

"Ini hanyalah sebatas prediksi, Namun, tentunya hasil uji kelayakan dan kepatutan yang akan menjadi pedoman KPU menetapkan siapa lebih layak menjabat sebagai komisioner KPU BS untuk periode 2018-2023. Mudah-mudahan, satu incumbent tetap bertahan hingga terpilih kembali,” ujar Ketua KPU BS, Yulian. [nat]




Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

Merah Putih Dikibarkan Di Beijing

MINGGU, 18 AGUSTUS 2019 , 07:37:00