Buntut Pilkades Air Kopras, Dewan Gelar Hearing

Daerah  JUM'AT, 02 NOVEMBER 2018 , 05:54:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Buntut Pilkades Air Kopras, Dewan Gelar Hearing

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Tidak diikutsertakan dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2018 ini dipersoal perwakilan masyarakat Desa Air Kopras, Kecamatan Pinang Belapis, di dalam ruang rapat intern DPRD Lebong, Kamis (1/11) siang.

Rapat bertajub hearing tersebut sebagaitindaklanjut dari surat yang dilayangkan masyarakat kepada DPRD Lebong. Berlangsung tiga jam dengan mendengarkan masing - masing padangan. Bahkan, membuahkan dua hasil kesepakatan.

Ketua DPRD Lebong, Teguh Raharjo Eko Purwoto, mengungkapkan, hearing tersebut dalam rangka menindaklanjuti keluhan masyarakat atas tidak diikutsertakan Desa Air Kopras pada Pilkades gelombang dua tahun ini.

"Kami hanya memfasilitasi, sedangkan keputusan tetap ranahnya pihak eksekutif selaku penyelenggara," kata Teguh.

Sementara itu, lanjut Teguh, terkait hasil kesepakatan hearing itu juga tetap harus ditindaklanjuti pihak eksekutif dalam waktu dekat. "Keputusan atas hasil hearing akan ditunggu selambat - lambatnya dalam waktu tiga hari ini," singkat Teguh.

Adapun kedua kesepakatan itu, yaitu  jadwal pelaksanaan Pilkades Air Kopras akan menunggu keputusan Bupati Lebong, Rosjonsyah yang kebetulan tidak hadir dalam pertemuan tersebut.

Kedua, terkait masa jabatan Kades Air Kopras yang sudah berakhir pada tanggal 31 Meii 2019 lalu, maka penunjukkan Pjs Desa Air Kopras nantinya melalui musyawarah Desa yang dimediasi Camat Pinang Belapis.

Pantauan RMOLBengkulu, bertindak sebagai pimpinan rapat Ketua DPRD Lebong, Teguh Raharjo Eko Purwoto, didampingi Ketua Bapemperda DPRD Lebong, Sunyono, anggota DPRD Lebong, Apriantono, serta Sekwan DPRD Lebong, Supriono.

Selain itu, turut juga dihadiri Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Lebong, Hedi Parindo, Kabid PMD, Eko Budi Santoso, Kabag Hukum Setda Lebong, Syabahul Adha, Plt Camat Pinang Belapis, Erwan Toni beserta perwakilan masyarakat Desa Air Kopras. [ogi]

Komentar Pembaca