Pileg 2019

Bawaslu RL Investigasi Indikasi Pelanggaran Pemilu

Politik  RABU, 31 OKTOBER 2018 , 15:50:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Bawaslu RL Investigasi Indikasi Pelanggaran Pemilu

Novry Iranas/ RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rejang Lebong saat ini tengah melakukan investigasi terkait adanya indikasi pelanggaran Pemilu yang dilakukan oleh salah satu calon anggota legeslatif (Caleg) diwilayah itu.

Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubal, Bawaslu Rejang Lebong, Novry Iranas mengungkapkan, dugaan pelanggaran Pemilu tersebut sejauh ini belum ada yang melaporkannya, namun pihaknya tetap melakukan investigasi.

"Yang memberikan laporan tidak ada, kami tidak menutup kalau ini ada indikasi persoalan, untuk itu kami tetap lakukan investigasi," kata Novry kepada RMOLBengkulu, Rabu (31/10).

Adanya indikasi pelanggaran pemilu tersebut, yakni adanya kampanye dari salah satu calon yang diketahui Caleg anggota DPR-RI di wilayah Selupu Rejang dengan membagikan bingkisan dalam tas bergambarkan wajah caleg dan partai pengusungnya, diduga kampanye tersebut juga terselubung.

"Klarifikasi dari Panwascam sendiri memang kegiatan itu tidak diawasi karena hanya kegiatan Germas," bebernya.

Dalam ketentuan berkampanye, dijelaskan Novry, kalau yang bersangkutan caleg dia selaku pelaksana kampanye sementara pesertanya adalah partai politik, dia boleh berkampanye sebagai peserta pemilunya, tetapi tetap harus ikuti aturan.

Kemudian jika yang bersangkutan berkampanye atas nama partai berarti harus menampilkan secara akumulatif, seperti menampilkan logo dan nomor urut partainya.

"Terkait dengan bahan kampanye sendiri yang boleh dibagikan kepada massa sudah diatur dalam PKPU Nomor 23 tahun 2018," imbuhnya.

Dalam PKPU Nomor 23 tahun 2018, dipaparkan dia, terdapat 12 item bahan kampanye yang boleh dibagikan  yang apabila dikonversikan maksimal senilai Rp. 60.000, 12 item tersebut meliputi selebaran, brosur, panflet, poster, stiker, pakaian, penutup kepala, alat minum atau makan. Kemudian kalender, kartu nama, pin dan atau alat tulis.

Dengan adanya indikasi pelanggaran yang tengah menjadi bahan investigasi tersebut, pihaknya mengharapkan peran serta masyarakat untuk turut aktif dalam melakukan pengawasan Pemilu, sehingga dugaan pelanggaran dapat ditindaklanjuti.

"Inilah pentingnya pastisipasi masyarakat untuk memberikan laporan, biar jelas siapa yang memberikan kesaksian, masyarakat yang melapor sendiri tentunya akan kita lindungi privasinya, untuk itu kita harapkan partisipasi maayarakat," demikian Nofry. [nat]




Komentar Pembaca
#PolitisiOnTheRoad: Menggugat Surya Paloh Karena Sayang
BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 19:00:00

Ma

Ma"ruf Amin Dilaporkan Ke Bawaslu

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Poster Rosjonsyah Mentereng Di Argamakmur

Poster Rosjonsyah Mentereng Di Argamakmur

KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 , 10:11:00

Hujan Sejak Subuh, Air Mulai Genangi Jalan

Hujan Sejak Subuh, Air Mulai Genangi Jalan

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 19:50:00