Pendaftaran Balon Kades Dijadwalkan Senin

Daerah  KAMIS, 25 OKTOBER 2018 , 19:36:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Pendaftaran Balon Kades Dijadwalkan Senin

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Ini informasi penting bagi warga Kabupaten Lebong yang ingin bertarung dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2018 ini. Pasalnya, pembukaan pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) dijadwalkan, Senin (29/10) mendatang.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, Reko Haryanto melalui Sekretaris, Hedi Parindo didampingi Kabid PMD, Eko Budi Santoso.

"SK panitia tingkat Kabupaten sudah final di Bagian Hukum. Sesuai dengan tahapan maka tanggal 29 Oktober mendatang siapa saja sudah bisa mendaftar menjadi Balon Kades di desa masing - masing," jelas Eko, Kamis (25/10).

Namun, lanjut Eko, secara spesifik mengenai mekanisme pencalonan, tahapan, hingga teknis pelaksanaan rencananya akan dibahas pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pada tanggal 27 Oktober mendatang.

"Tapi secara keseluruhan persyaratan tidak jauh beda dengan sebelumya, yakni tetap mengacu pada Perbup No 47 tahun 2018 tentang perubahan atas Perbup No 29 tahun 2016 tentang Pelaksanaan Pilkades Serentak," tambah Eko.

Sebelum pelaksanaan, maka seluruh Camat, Kepala Desa (Kades) beserta Badan Permusyarawatan Desa (BPD) yang melaksanakan Pilkades terlebih dahulu akan mengikuti Bimtek.

"Narasumbernya nanti langsung dari pihak keamanan baik itu Polisi, Kejaksaan, dan TNI. Teknis pelaksanaannya akan difinalkan dalam Bimtek itu," demikian Eko.

Adapun 13 Desa yang melaksanakan Pilkades serentak tahun ini yaitu Desa Bioa Sengok, Kecamatan Rimbo Pengadang, Desa Manai Blau dan Tik Jeniak, Kecamatan Lebong Selatan, Desa Pagar Agung, Kecamatan Lebong Tengah, Desa Suka Bumi, Kecamatan Lebong Sakti, Desa Tabeak Blau dan Tik Tebing, Kecamatan Lebong Atas, Desa Gunung Alam, Kecamatan Pelabai, Desa Lokasari, Kecamatan Lebong Utara, Desa Talang Bunut, Kecamatan Amen, Desa Kota Baru dan Lemeu, Kecamatan Uram Jay,  serta Desa Bioa Putiak, Kecamatan Pinang Belapis. [ogi]

Komentar Pembaca