Obat-obatan Ilegal Jadi Sasaran Hoax

Nusantara  KAMIS, 11 OKTOBER 2018 , 07:46:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Obat-obatan Ilegal Jadi Sasaran Hoax

ilustrasi/ net

RMOLBengkulu. Informasi bohong alias hoax tak hanya marak terjadi di politik tapi juga bidang lainnya, seperti bidang kesehatan.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Ermalena menjelaskan, hoax di dunia kesehatan biasanya terjadi pada obat yang sebenarnya belum mengantongi izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tidak hanya obat-obatan ilegal, masyarakat, kata dia, sempat terpedaya iklan susu kental manis yang sebenarnya sangat minim kandungan susunya.

"Iklan obat illegal seperti untuk kecantikan, kebugaraan, hingga keperkasaan banyak beredar di masyarakat. Padahal belum mendapatkan izin apalagi teruji," ungkap Ermalena di gedung DPR, Jakarta, Rabu (10/10).

menurut Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu untuk menghadapi hoax di bidang kesehatan, perlu dibuatkan peraturan yang menjadi landasan aparat hukum untuk bertindak.

Diakuinya bahwa saat ini Undang-Undang Perlindungan Konsumen memang bisa menjerat para pelaku yang sudah mengelabui konsumen obat-obatan, makanan ataupun minuman. Namun menurut dia, untuk lebih mempermudah aparat, sebaiknya aturan tentang itu juga dimasukan dalam RUU BPOM.

Dengan begitu, ditekankannya masyarakat akan diedukasi dan diadvokasi terkait penggunaan obat dan makanan sehat.

"Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat tentang gerakan masyarakat sehat. Disamping itu juga bisa digunakan untuk menangkal hoax terkait isu-isu kesehatan," pungkasnya seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL. [nat]




Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Kantor Berita Politik RMOL Dikunjungi Karo Penmas Mabes Polri
PAN Setuju Uang Saksi Pemilu Dibiayai Negara

PAN Setuju Uang Saksi Pemilu Dibiayai Negara

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:30:00

Pelantikan PAW MPR

Pelantikan PAW MPR

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 09:51:00