Baru Jadi Ketua DPRD, Baidari Dinilai Arogan Kepada Wartawan

Daerah  KAMIS, 04 OKTOBER 2018 , 11:05:00 WIB | LAPORAN: BAYAZIR AL RAYHAN

Baru Jadi Ketua DPRD, Baidari Dinilai Arogan Kepada Wartawan

Baidari Citra Dewi/Net

RMOLBengkulu. Pimpinan redaksi GARUDADAILY.com, Doni Supardi, menentang keras sikap arogan yang disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Bengkulu, Baidari Citra Dewi, yang jauh dari kata elegan, dengan kapasitas sebagai Pimpinan DPRD Kota Bengkulu.

"Pada prinsipnya saya atas nama Garuda Daily menyayangkan sikap arogansi Baidari Citra Dewi, ada cara-cara yang lebih merakyat, elegan, santun dan prosedural untuk menyampaikan keberatan terhadap berita Garuda Daily. Untuk tidak lanjut merespon sikap arogansi ini, kami juga sudah berkoordinasi dengan kuasa hukum seperti apa langkah hukumnya, dan meminta dukungan banyak pihak untuk menentang arogansi Ketua DPRD Kota Bengkulu kepada pers," kata Doni kepada RMOLBengkulu, Kamis (4/10/2018).

Diketahui berita GARUDADAILY.com dengan judul "Ketua DPRD Kirim Sinyal Setuju Pemkot Ngutang" mendapat respon keras dari Ketua DPRD Kota Bengkulu Baidari Citra Dewi. Hal ini tercermin dari rekaman telepon Baidari dengan wartawan Garuda Daily, dengan nada mengancam, Baidari berulang kali mengatakan akan menuntut terkait pemberitaan tersebut. Bahkan mengeluarkan statement "Baru kecil kamu tuh jadi wartawan". Ketua DPRD hasil PAW yang baru dilantik menggantikan Erna Sari Dewi tersebut berulang kali menyatakan keberatan, karena berkesimpulan bahwa berita tersebut mengada-ada.

"Terhadap berita yang jadi poin permasalahan perlu saya klarifikasi, saya akui saya tidak mewawancara langsung ibu ketua, sumber berita saya adalah berita RMOLBengkulu.com dengan judul "Pemkot Akan Usulkan Pinjaman Rp 500 Miliar Ke PT SMI, Ini Kata Ketua DPRD". Dan di dalam berita tersebut disebutkan sumbernya, saya juga sudah meminta izin pihak RMOL Bengkulu untuk mengutip pemberitaan itu," jelas Doni.

"Saya menggunakan narasi "Ketua DPRD Kirim Sinyal Setuju Pemkot Ngutang" berdasarkan kutipan yang saya kutip, yakni "Insyaallah semua fraksi mendukung, mengingat ini merupakan program pemerintah dan kita sangat mendukung,". Dan hal itu juga terekam dalam rekaman wawancara wartawan Garuda Daily langsung dengan Baidari," ucap Doni.

Baca : Pemkot Akan Usulkan Pinjaman Rp 500 Miliar Ke PT SMI, Ini Kata Ketua DPRD

"Atas insiden ini saya sangat menyayangkan karena yang bersangkutan tidak menghubungi saya secara pribadi. Padahal kami konsisten berpegang teguh kepada kode etik yang mengikat kami. Jika merasa keberatan dengan berita tersebut, kita siap mengakomodir setiap hak klarifikasi dan hak jawab, sesuai dengan Pasal 11 Kode Etik Jurnalistik yang menyatakan Wartawan Indonesia melayani hak jawab dan hak koreksi secara proporsional. Bukan justru menghubungi wartawan Garuda Daily yang tidak tahu menahu tentang berita tersebut, apalagi dengan sikap yang jauh dari kata elegan, dengan kapasitasnya sebagai Pimpinan DPRD Kota Bengkulu," lanjut Doni.

"Untuk itu, saya juga sudah berkoordinasi dengan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu Rahimandani via telepon dan Sekretaris SMSI Wibowo Susilo secara langsung. Dan alhamdulillah Garuda Daily mendapat dukungan dan Insya Allah hari ini juga akan digelar konferensi pers guna menyatakan sikap terhadap arogansi seorang wakil rakyat," demikian Doni. [ogi]



Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Evakuasi Korban Penembakan

Evakuasi Korban Penembakan

KAMIS, 06 DESEMBER 2018 , 15:45:00

Tutup Mulut Dan Hidung

Tutup Mulut Dan Hidung

SELASA, 04 DESEMBER 2018 , 05:35:00

Impor Pangan Kebutuhan Siapa?

Impor Pangan Kebutuhan Siapa?

JUM'AT, 07 DESEMBER 2018 , 13:08:00