Mitos Di Dukuh Lengkong

Tangkap 2 Ikan Mas Penjaga Embung, Malamnya Malah Dapat Mimpi

Nusantara  SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 18:36:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Tangkap 2 Ikan Mas Penjaga Embung, Malamnya Malah Dapat Mimpi

ilustrasi/ net

RMOLBengkulu. Sebuah embung di Dukuh Lengkong, Desa Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, menampakkan hal mistisnya. Dari embung yang saat ini kering akibat musim kemarau, dua ekor ikan mas yang dipercaya sebagai penjaga embung menampakkan diri.

Dampak dari kekeringan, membuat warga Desa Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak kesulitan mendapat air bersih. Bahkan, warga memanfaatkan sebuah embung desa yang seharusnya berfungsi mengaliri areal pesawahan, namun digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Kepala Desa, Munawir, mengatakan, untuk saat ini, warga terpaksa memanfaatkan air dari embung untuk memasak dan mandi. Hanya air yang tersisa tersebut yang dapat dimanfaatkan warga.

Namun, saat mengambil air dari embung, warga dikejutkan dengan munculnya dua ekor emas berukuran sekitar satu meter. Dua ekor ikan mas itu dipercaya sebagai dayang atau penjaga embung desa.

"Dulu pernah ada yang nangkap dua ekor ikan mas tersebut, malamnya penangkap ikan itu mendapat mimpi disuruh mengembalikan ikan ke embung itu," ujar Kades Sayung, diberitakan RMOLJateng, Sabtu (22/9).

Hingga saat ini, tidak pernah ada yang berani menangkap dua ekor ikan mas tersebut. Selain dipercaya sebagai penjaga, embung tersebut menjadi tempat sakral di Desa Sayung.

Embung dengan luas 75 meter persegi dan kedalaman mencapai 6 meter tersebut saat ini dalam kondisi nyaris mengering. Air di dalam embung sudah kurang dari satu meter. Namun, anehnya, dua ekor ikan mas kerap menampakkan diri pada waktu-waktu tertentu seperti pertengahan hari atau pada hari mulai gelap. [nat]




Komentar Pembaca
Hilmar Farid - Kebudayaan Bab II (Bag.2)

Hilmar Farid - Kebudayaan Bab II (Bag.2)

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 10:00:00

Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

Ani Yudhoyono Dijaga SBY Dan Cucu

SABTU, 16 FEBRUARI 2019 , 21:00:00

BENANG MERAH (EPS.167): Tak Seirama Di Kubu Petahana