Dikira Goresan Iseng Ternyata Batu Berelief Terpanjang

Nusantara  SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 11:37:00 WIB | LAPORAN: IRMAN DINATA

Dikira Goresan Iseng Ternyata Batu Berelief Terpanjang
RMOLBengkulu. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pagaralam kembali menemukan megalit terbaru, yang merupakan batu berelief terpanjang di Sumatera Selatan (Sumsel).

Megalit batu berelief Situs Batu Gong ini ditemukan oleh warga di dinding Air Terjun Sungai Kukuy Lubuk Buntak, Kelurahan Dempo Selatan, yang berada 500 meter dari pusat Kota Pagaralam. Batu megalit itu ukuran 8,5 x 1,5 meter.

Adalah Ibnu yang pertama kali menemukan megalit tersebut, ketika ia hendak menjaring dan memancing ikan di Sungai Kukuy. Semula ia menganggap bahwa goresan pada batu tersebut hanya lukisan iseng semata.

Namun setelah dilakukan survei oleh tim dari Disdikbud, diketahui bahwa goresan pada batu tersebut memiliki arti dan makna tersendiri atau tradisi dari megalith.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Pagaralam Ali Akbar menerangkan,  batu berelief tersebut merupakan yang terpanjang di Sumatera Selatan

"Jika dibandingkan dengan batu berelief yang ada di Desa Tegur Wangi dan Batu Gores di Empat Lawang, maka ini merupakan yang terpanjang di Sumsel," jelasnya seperti diberitakan RMOLSumsel, kemarin (21/9).

Pada batu tersebut terdapat gambar dua arca yang sedang bersalaman dan burung hantu, yang mengartikan bahwa dua orang yang bersalaman tersebut merupakam sifat manusia yang saling membutuhkan atau bergotong royong dalam berburu makanan.

Sedangkan burung hantu merupakan hewan mitos yang diagungkan dalam masyarakat dahulu yang dianggap sebagai penjaga, penunjuk arah,  dan penolak bala.

"Temuan arca tersebut membuka idenditas Budaya Megalitik Besemah khususnya Kota Pagaralam yang wajib dipelihara dan dilestarikan. Masyarakat terdahulu telah mengajarkan kepada generasi saat ini bahwasanya untuk hidup dan bekerja sama dalam membangun Kota Pagaralam," katanya. [nat]




Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Kantor Berita Politik RMOL Dikunjungi Karo Penmas Mabes Polri
PAN Setuju Uang Saksi Pemilu Dibiayai Negara

PAN Setuju Uang Saksi Pemilu Dibiayai Negara

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:30:00

Pelantikan PAW MPR

Pelantikan PAW MPR

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 09:51:00