Kemendagri: Penemuan KTP-el Yang Tercecer Jangan Dikaitkan Dengan Pemilu

Politik  RABU, 12 SEPTEMBER 2018 , 16:08:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Kemendagri: Penemuan KTP-el Yang Tercecer Jangan Dikaitkan Dengan Pemilu

Ilustrasi/Net

RMOLBengkulu. Kementerian Dalam Negeri menyebut, ribuan KTP-el yang ditemukan tercecer di semak Kampung Tarikolot RT 03/02, Desa Cikande, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Banten, telah dicatat dan digunting Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Serang.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan KTP tersebut juga segera dikirim ke Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

Kondisi KTP el tersebut, tambah Zudan, sudah dicek secara sistem sudah tidak berlaku lagi karena pemiliknya sudah memiliki KTP el yang baru.

KTP el tersebut juga tidak bisa digunakan untuk pemilu karena pemilik KTP el yang bersangkutan sudah memiliki pengganti.

"Andaipun misalnya digunakan di tempat lain pasti tidak bisa karena ada alamat dan fotonya. Petugas TPS juga hafal pemilih yang berdomisili di sekitar TPS. Ini murni kelalaian petugas kecamatan, jadi tidak perlu dikaitkan terlalu jauh dengan pemilu," ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (12/9).

Namun siapa yang membuang arsip blanko ini masih didalami. Diyakini hal itu hanya kelalaian seseorang yang tidak mengerti dan tidak mengetahui pentingnya arsip.

"Kemendagri sungguh-sungguh mendalami terjadinya hal ini dan akan memberikan pembinaan secara proporsional bagi yang bersalah," tegasnya. dikutip Kantor Berita Politik RMOL. [ogi]




Komentar Pembaca
Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00