15 Orang Penghuni Lapas Melakukan Perekaman e-KTP

Daerah  MINGGU, 02 SEPTEMBER 2018 , 18:52:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

15 Orang Penghuni Lapas Melakukan Perekaman e-KTP

Budi Setiawan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong, terus melakukan upaya perekaman data dan pencetakan KTP elektronik (e-KTP). Salah satunya dengan sistem jemput bola periode 23 Juli hingga 25 Agustus lalu.

Petugas tak hanya melakukan kegiatan tersebut di seluruh kecamatan wilayah Kabupaten Lebong, namun turut juga  perekaman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Curup, Kabupaten Rejang Lebong. Tercatat sebanyak 15 dari total 44 penduduk Lebong yang menghuni Lapas Curup juga melakukan perekaman e-KTP.

Pelaksana tugas (Plt) Kadis Dukcapil Lebong, Budi Setiawan, mengungkapkan, perekaman dilakukan berdasarkan data hasil Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang telah dilakukan oleh KPU Lebong. Saat ini tersisa sekitar 700 penduduk wajib E-KTP yang belum melakukan perekaman.

"Dijauh hari baik melalui camat dan kepala desa telah kita surati agar warganya dapat mengikuti program wajib e-KTP itu. Namun, yang menjadi kendala saat kita turun ke lapangan,  yang bersangkutan sedang tidak berada di tempat," tambahnya.

Dia juga mencontohkan seperti kejadian di Kecamatan Topos. Dari 200 penduduk wajib E-KTP, yang sudah direkam oleh Disdukcapil hanya sebanyak 69 orang.

"Terlepas dari itu, bagi warga yang belum dan ingin melakukan perekaman, dipersilakan mendatangi kantor Disdukcapil Lebong selama jam kerja," demikian Budi. [ogi]



Komentar Pembaca